ITS News

Senin, 30 September 2024
15 Juni 2022, 08:06

ERASMUS Gandeng Dosen ITS dalam Program INSEEC BBA

Oleh : itsbim | | Source : ITS Online

Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS Dr oec HSG Syarifa Hanoum ST MT (depan kanan berjilbab) dan dosen Departemen Manajemen Bisnis ITS Bahalwan Apriyansyah ST MBA (depan kiri) melakukan sesi foto bersama dengan mahasiswa INSEEC BBA

Kampus ITS, ITS News Program INSEEC Bachelor of Business Administration (BBA) International Week 2022 yang merupakan bagian dari European Region Action Scheme for the Mobility of University Student (ERASMUS) menghadirkan dua dosen Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (MB ITS). Keduanya mengajarkan mahasiswa Prancis seputar Sociopreneur. 

Kepala Departemen MB ITS Dr oec HSG Syarifa Hanoum ST MT mengatakan, selain dirinya, dosen MB ITS yang mendapat undangan dalam acara tersebut adalah salah satu dosen Sociopreneur, Bahalwan Apriyansyah ST MBA. Ia juga mengatakan bahwa acara ini telah diselenggarakan dua kali. “Tahun lalu, kebetulan saya yang berkesempatan untuk hadir pertama kali di acara tersebut,” terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Eva ini menjelaskan, dalam acara yang digelar di Bordeaux dan Lyon, Prancis ini mereka mengajarkan mata kuliah Sociopreneur yang merupakan mata kuliah gabungan dari mata kuliah New Venture Creation dan Design Thinking. Sehingga, kemampuan yang dilatih antara lain penciptaan kanvas social business model (SBM), pencarian mitra usaha, dan lainya. “Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu menciptakan bisnis berbasis keuntungan dengan tidak melupakan unsur sosial,” tuturnya.

Suasana kelas Sociopreneur INSEEC BBA Bordeaux, Prancis yang diajar oleh Bahalwan Apriyansyah ST MBA (memegang kamera)

Lebih lanjut, Eva menjelaskan bahwa kesempatan ini juga digunakan oleh MB ITS sebagai wadah mentoring untuk para dosen muda. Hal ini dilakukan agar para dosen muda MB ITS memiliki pengalaman lebih dalam untuk mengajar mahasiswa di luar negeri. “Kegiatan ini menunjukkan bahwa dosen ITS, khususnya MB ITS mampu untuk mengajar mahasiswa internasional,” ujarnya.

Tak hanya berkesempatan untuk mengajar, MB ITS berhasil memperluas jaringan kerja sama mitra universitas dengan INSEEC BBA Lyon dan Bordeaux. Di mana kemitraan tersebut bersifat resiprokal atau saling timbal balik. “Rencananya, kami akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan mereka dalam program Double Degree dengan MB ITS,” jelasnya.

Alumnus University of St. Gallen, Swiss tersebut berharap, kegiatan International Teaching Week kedepannya dapat diteruskan dan diisi oleh dosen MB ITS lainnya. Selain itu, melalui MoU dengan INSEEC BBA, ia berharap mahasiswa MB ITS memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan studinya di luar negeri. “Dengan begitu, mereka bisa merasakan internasionalisasi yang tentu bermanfaat,” tutupnya. (*)

Reporter: Bima Surya Samudra
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait