ITS News

Sabtu, 28 September 2024
06 September 2008, 12:09

Peringati Hari Jilbab Internasional, Bagikan Jilbab Gratis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selain wacana busana taqwa, kegiatan di lanjutkan dengan pembagian pin , stiker, dan lembaran yang berisi penjelasan terkait peringatan Hari Solidaritas Jilbab Internasional (HSJI), Rabu (3/9). Targetnya adalah 200 orang pengguna jalan di lingkungan kampus ITS.

Puncak acara terjadi pada keesokan harinya, Kamis (4/9). Bekerjasama dengan Jaringan Muslimah Daerah Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Surabaya Raya, JMMI menggelar aksi simpatik di gedung Grahadi. Aksi simpatik ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa universitas yang ada di Surabaya.

Diungkapkan oleh Ika Safitri, Ketua Jaringan Muslimah Daerah FSLDK Surabaya Raya, kekebasan berjilbab merupakan hak dasar bagi setiap muslimah. “Dengan adanya jaminan kebebasan berjilbab bagi setiap muslimah, diharapkan tidak ada lagi diskriminasi terhadap muslimah dalam bentuk apapun. Agar muslimah dapat berjilbab secara leluasa," ungkap mahasiswi jurusan Biologi ITS ini.

Disela orasi aksi simpatiknya, FSLDK membacakan pernyataan sikap yang sebagian isinya adalah menghimbau kepada masyarakat dan semua instansi untuk menghormati kebebasan berjilbab bagi seluruh muslimah dan mengadvokasi kasus-kasus pelanggaran jilbab.

Tidak hanya itu, kegiatan kemudian di lanjutkan dengan acara pembagian jilbab dan kosmetik secara gratis. Acara yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) 1429 H ini membagikan sebanyak 100 buah jilbab dan 100 buah kosmetik kepada segenap mahasiswi muslimah ITS yang sudah mendapatkan kupon sebelumnya.

Menurut Yunita, salah satu Steering Commite RDK 29, akhir–akhir ini banyak muslimah yang menganggap jilbab hanya sebuah simbol. "Diharapkan dengan momen ini muslimah di ITS dapat mengerti arti sesungguhnya dari jilbab dan tergerak untuk memakai jilbab sebagai sebuah busana kebanggaan," ungkapnya.(Az/f@y)

Berita Terkait