ITS News

Sabtu, 28 September 2024
07 September 2008, 00:09

Ribuan Mahasiswa Baru Sambut Pembukaan Mentoring

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam sambutannya, Suasmoro menyampaikan bahwa kebanyakan umat Islam saat ini belum memahami betul konsep-konsep Islam. Ia juga menekankan pentingnya mentoring yang sudah memiliki kurikulum pembinaan yang jelas. “Para mentor berkewajiban mendidik adik-adiknya dalam memahami konsep-konsep keislaman," ujarnya.

Senada dengannya, Triwikantoro juga menekankan bahwa bangsa Indonesia sedang membutuhkan cendekiawan-cendekiawan yang berakhlak. Oleh karena itu menurutnya, mentoring sebagai wadah untuk membina akhlak islami kepada mahasiswa-mahasiswa ITS. “Pemuda sekarang adalah pemimpin di masa depan,” tegas Dekan FMIPA ini.

GOM kali ini juga menghadirkan Ahmad Arqom, trainer sekaligus direktur Trustco. Dalam pemaparannya ia mencoba menggugah semangat mahasiswa baru untuk berjuang untuk menggapai cita-citanya. “Anda adalah calon-calon ilmuwan yang diharapkan bangsa ini,” ujarnya.

Arqom menjelaskan, dalam kurikulum pengembangan SDM ada empat bagian yang harus diperhatikan, yakni Self Development, Life Skill, How to Learn, dan Contain. “Kekuatan visi, aksi, motivasi, dan spiritual menjadi modal penting dalam menggapai cita-cita,” tambahnya.

Sambil sesekali menampilkan video yang mengguggah semangat juang, Arqom kemudian meminta para mahasiswa baru untuk menuliskan cita-cita besarnya. Menurutnya, hal itu bertujuan untuk mengikis sempitnya pemikiran karena sulitnya cita-cita tersebut. “Jangan biarkan orang lain mengatakan bahwa adik-adik tidak mampu menggapainya!” tegas Arqom.(bah/f@y)

Berita Terkait