ITS News

Sabtu, 28 September 2024
10 September 2008, 15:09

Merger UPT Pusat Bahasa Dengan Cultural Centre

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pergantian kepengurusan UPT Pusat Bahasa dari Dra Lubna Algadrie Dipl TEFL MA ke Drs Fuad Cholisi M Sc Phil membawa sebuah perubahan besar. Perubahan tersebut adalah penggabungan UPT Pusat Bahasa dengan Cultural Centre. Penggabungan ini dilakukan untuk efisiensi manajemen.

Penggabungan ini membuahkan beberapa perubahan. Diantaranya adalah kegiatan keduanya sekarang dapat dilaksanakan di dua tempat. Kedua tempat tersebut yaitu, Cultural Centre di Magister Manajemen Teknik (MMT) Jalan Cokroaminoto 12A dan UPT Pusat Bahasa yang ada di Kampus ITS Sukolilo.

Menurut Drs Fuad Cholisi M Sc Phil selaku Kepala UPT Pusat Bahasa ITS, perubahan ini membuat UPT Bahasa mempunyai subsidi silang. Lokasi yang berada di MMT rencananya digunakan sebagai income generator. Rencananya akan diadakan les bahasa asing di lokasi tersebut. Hal ini disebabkan lokasi MMT yang strategis.

Sedang lokasi yang berada di Kampus ITS rencananya tetap digunakan oleh mahasiswa ITS dan umum. ”UPT Pusat Bahasa yang ada di kampus ITS lebih ditekankan pada sisi pengabdian kami,” ujar Fuad.

Selain itu, kegiatan Cultural Centre juga dilaksanakan di kedua lokasi tersebut. Seperti diketahui sebelumnya, selama ini Cultural Centre merupakan pusat kebudayaan di ITS. Pusat kebudayaan yang kegiatannya meliputi tari ini sekarang menjadi divisi di UPT Pusat Bahasa. ”Kegiatannya juga digabung dengan tari Jepang Yasakoi milik UPT Pusat Bahasa,” tambah Fuad.

Akibat penggabungan ini, UPT Pusat Bahasa akan menjalin kerja sama mengenai pendidikan dan kebudayaan dengan lembaga luar negeri. ”Rencananya kami akan mengadakan kerjasama dengan atase-atase pendidikan dari luar negeri,” ungkapnya. (nrf/han)

Berita Terkait