ITS News

Minggu, 29 September 2024
22 September 2008, 13:09

ITS Gelar Bimbingan Interaktif PKM

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ada suasana berbeda di Gedung Rektorat, Sabtu (20/9) hingga Minggu (21/9). Ratusan mahasiswa tampak memadati ruangan di lantai satu gedung tersebut. Pasalnya, mereka mengikuti Bimbingan Interaktif PKM yang diselenggarakan oleh Departemen Riset dan Teknologi (RISTEK) BEM ITS.

Dalam acara tersebut, para peserta dapat asistensi secara langsung dengan dosen pembina masing-masing. Seorang dosen pembina dapat menangani lima hingga sepuluh kelompok. ”Kita berharap ada feedback dari peserta PKM berupa pengetahuan tentang teknik penulisan, isi proposal, dan teknik mengkomunikasikan karyanya,” papar Wanda Angga Winata selaku Menteri RISTEK BEM ITS.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi hari pertama adalah bimbingan interaktif untuk PKM bidang penelitian (PKMP), dan PKM bidang Kewirausahaan (PKMK). Sedang sesi hari kedua adalah PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM), dan PKM bidang teknologi (PKMT).

Tercatat seratus tiga proposal untuk sesi hari pertama dan 75 proposal untuk sesi hari kedua. Jumlah ini masih belum termasuk jumlah peserta yang registrasi pada waktu berlangsungnya acara, yakni sekitar tiga puluh peserta.

Mengenai jumlah tersebut, Wanda optimis target tiga ratus proposal yang ditetapkan bidang III dapat terpenuhi. Menurut Wanda, masih ada peserta yang nanti langsung mengirim lewat fakultas dan independen.

Sementara itu, pengumpulan terakhir proposal PKM akan dilangsungkan Senin (6/10). Sedang pengiriman proposal ke DIKTI dilangsungkan pada Rabu (8/10). Visitasi PKM sendiri akan dilangsungkan pada Maret 2009. (nrf/jie)

Berita Terkait