ITS News

Minggu, 29 September 2024
25 September 2008, 08:09

ITS Gandeng Telkom Kembangkan ICT

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerjasama pengembangan ICT tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU di Gedung Rektorat ITS, Rabu (24/9). Penandatanganan dilakukan oleh Executive General Manager Telkom Divre V Jatim Triana Mulyatsa dan Pembantu Rektor IV ITS Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD. “Kami senang sekali bisa bekerjasama dengan Telkom untuk lebih memanfaatkan ICT di kampus ini. Selama ini ITS juga telah membantu Telkom untuk pengembangan IT-nya,” tutur Eko Budi Djatmiko dalam sambutannya.

Ia berharap dengan dijalinnya kerjasama melalui MoU ini bisa makin meningkatkan pengembangan pengetahuan bidang IT di lingkungan ITS. Baik di kalangan mahasiswa maupun dosen dan karyawan ITS.

Hal senada diungkapkan Triana Mulyatsa. “Kami senang bisa menjalin kerjasama dengan ITS, mengingat ITS menjadi satu icon dari perguruan tinggi teknik di Indonesia yang concern dalam pengembangan ICT di kampus,” ungkap Triana. Dijelaskannya, dengan infrastruktur yang lengkap maka semua kebutuhan ICT akademisi seperti internet connectivity, voice, data, content, serta pengembangan aplikasi akan lebih terpenuhi.

Kerjasama yang segera direalisasikan kali ini adalah membangun jaringan ring fiber optic untuk internet dan intranet yang baru. Dalam hal ini, Telkom akan membantu menyediakan infrastruktur kabel yang dibutuhkan untuk pembangunan jaringan tersebut.

Sebelumnya, ITS juga telah memiliki jaringan lama untuk intranet dan internet yang dibangun dari dana bantuan Asian Development Bank (ADB) sejak tahun 1999. Nantinya, jaringan yang lama ini akan digunakan sebagai back up jaringan yang baru. Bila jaringan yang lama berkapasitas 100 Mbps, jaringan yang baru nantinya berkapasitas jauh lebih besar yakni 1 Gbps.
 
Ring fiber optic di ITS ini nantinya juga digunakan sebagai backbone ICT kampus di Jawa Timur yang sedang dikembangkan Telkom bekerjasama dengan Dirjen Dikti yang dikenal dengan nama INHERENT (Indonesian Higher Education Network).

Penandatanganan MoU tersebut juga disaksikan oleh para pejabat di lingkungan ITS, di antaranya para dekan, sekretaris II LPPM, dan juga ketua UPT ICT Service ITS. (humas/jie)

Berita Terkait