ITS News

Minggu, 29 September 2024
27 September 2008, 10:09

ITS Tidak Akan Tanggapi Somasi Mangrove

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Direktur CED (Center of Enterpreneur Development) ITS, Dr Widya Utama DEA, ITS menganggap surat somasi itu tidak tepat dikarenakan beberapa alasan. Pertama, surat ditujukan tertulis kepada ITS, tapi isi surat lebih tertuju pada indvidual yaitu Widowati Sulistyo Palupi (mahasiswa Biologi ITS yang tergabung dalam tim sirup mangrove). “Meski begitu, nantinya ITS tetap akan berada di belakang individu yang bersangkutan karena dia juga sebagai mahasiswa ITS,” kata Widya ketika dikonfirmasi, Jumat (26/9).

Alasan kedua, isi surat menjelaskan ketidakmampuan si pengirim somasi untuk melakukan pengurusan paten dan surat izin industri yang menurutnya seharusnya bisa diurus. “Hal ini jelas bukan menjadi wewenang ITS jadi tidak relevan kalau keluhan itu ditujukan ke ITS,” ujar Widya menanggapi.

Ketiga, dalam surat tersebut pihak yang bersangkutan mengklaim sebagai penemu resep sirup mangrove. Dalam hal ini, terlihat terlalu bias. “Yang dia klaim itu resep yang mana? Soalnya resep itu bisa berbagai macam baik bentuk dan rasanya, jad dalam hal ini belum jelas,” timpal pria yang juga kepala UPT Multimedia ITS ini.

Sedang alasan keempat adalah ketidakjelasan somasi tentang tuduhan promosi yang dilakukan ITS di media massa terkait sirup mangrove. Widya mengaku selama ini ITS tidak pernah melakukan promosi apapun di media massa, terutama memasang iklan. Kalau pun ada berita di media massa, itu merupakan hasil liputan media massa itu sendiri dan itu di luar wewenang dari ITS untuk memberitakannya.

Dikatakan Widya, selama ini pihaknya sudah pernah berusaha membicarakan masalah ini secara musyawarah baik-baik dengan pihak bersangkutan. Tapi tak pernah ada tanggapan atau pun balasan terhadap ajakan tersebut.(Humas/asa)

Berita Terkait