ITS News

Senin, 30 September 2024
03 November 2008, 06:11

Bisnis Netpreneur, Biarkan Uang Mengejar Anda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu pembicara kunci yang hadir saat itu adalah Romy Satrio Wahono, seorang pendiri situs e-learning ilmukomputerdotcom. Romi mengatakan bahwa internet jadi salah satu caranya unuk mendapatkan uang. Bermula dari menjual barang lewat internet hingga ke suatu cara yang disebut sebagai membangun kreativitas lewat dunia maya. “Saya sudah mulai menjual barang bekas dari internet sejak dulu,” jelasnya.

Setelah itu, ia baru mencoba ngeblog untuk menciptakan ruang kreativitas dunia mayanya. Dari ngeblog ini ia pun mulai menjadi publisher iklan lewat situsnya. Penyedia program publisher ini seperti Google Adsense. Lewat sini para penyedia situs akan mendapat fee, apabila iklan tersebut dilihat oleh pengunjung situs tersebut.

Nah, cara bagaimana banyak orang berkunjung, menjadi tantangan bagi penyedia situs. Bagaimana orang tertarik berkunjung adalah kuncinya. Untuk itu, Romy memberi para peserta beberapa trik.

“Pertama adalah identifikasi apa kelebihan Anda. Dari sini anda dapat menentukan materi apa yang akan Anda tuliskan di situs,” jelas Romy yang sejak memulai hingga kini serius dalam menulis tentang e-learning. Setelah mengetahui potensi maka hal yang harus dilakukan setelah itu adalah menjualnya. “Jadikan blog Anda sebagai media untuk membranding diri, bukan untuk tempat curhat,” pesan Romy disambut gelak tawa peserta.

Selain Romy, seminar yang diadakan dalam serangkaian acara Schematics ini mengundang Cosa Aranda sosok jutawan muda dari usaha memoles situs. Cosa juga kerap membagikan ilmunya lewat workshop di Cosa Aranda Network. Tak hanya itu, dalam seminar ini juga diundang seorang trainer internet marketing, Mohammad Desi Arianto. Dua pembicara ini menjelaskan tentang bagaimana memulai sebuah bisnis di internet, baik itu cara registrasi ke penyedia publisher macam Google Adword hingga ke penjelasan tentang program bayar macam pay-per-clik yang disediakan publisher tersebut.

Diakhir acara para peserta diajak berdialog dengan mahasiswa ITS yang telah merasakan nikmatnya internet marketing, Masbuchin. Mahasiswa Teknik Informatika pemilik situs itsgossipdotcom ini telah merasakan menjadi kaya lewat internet. (yud/ap)

Berita Terkait