ITS News

Senin, 30 September 2024
10 November 2008, 05:11

BEM ITS Refleksikan Hari Pahlawan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengusung tema Mengembalikan Semangat Kepahlawanan dan Nasionalisme Bangsa Indonesia, aksi yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS ini bertujuan untuk memperingati Hari Pahlawan, 10 November. "Aksi ini digelar agar orang-orang yang melihat ikut serta atau mengetahui adanya aksi tersebut ingat bahwa besok adalah Hari Pahlawan," papar Riskal Madjid, Menteri Sosial Politik (Sospol) BEM ITS. Jadi, imbuhnya, aksi ini murni untuk refleksi dan perenungan.

Aksi yang dimulai pada pukul 9.30 ini dimulai dengan longmarch dari depan gedung Student Community Center (SCC) menuju Bundaran ITS. Di sana, mereka melakukan orasi dan menyanyikan lagu-lagu untuk membakar semangat. Tak ketinggalan, aksi teatrikal yang menggambarkan terkekangnya jiwa nasionalisme juga mereka peragakan.

“Saat ini, Indonesia bagaikan seonggok daging besar yang diperebutkan oleh singa-singa kapitalis berdasi," teriak salah satu juru bicara orasi. Kemudian, orasi tersebut diikuti dengan pertunjukan seorang mahasiswa berpakaian serba putih yang melambangkan nasionalisme, sedang ditarik oleh dua orang berpakaian serba hitam dan bertopeng menyeramkan yang melambangkan apatisme.

Kontan, aksi tersebut menarik perhatian para pengguna jalan di Bundaran ITS. Kepada mereka, para aktifis membagikan bunga berwarna merah putih yang disertai kertas bertuliskan pesan-pesan kepahlawanan. Aksi monumental yang merupakan program kerja Departemen Sospol BEM ITS ini ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, para mahasiswa kembali ke kampus dengan berjalan mundur.

"Aksi jalan mundur ini sifatnya spontanitas, tidak direncanakan sebelumnya. Kami berjalan mundur sebagai gambaran mundurnya jiwa dan semangat nasionalisme bangsa Indonesia," ungkap Yunan Fahmi, mahasiswa Teknik Kelautan yang merupakan Koordinator Lapangan (Korlap) aksi Refleksi Hari Pahlawan.(m1/m4/f@y)

Berita Terkait