ITS News

Selasa, 01 Oktober 2024
16 November 2008, 13:11

BEM ITS Bentuk Kampung Binaan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Program Kampung Binaan (KAMBIN) ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat sekitar kampus ITS untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengolahan sampah sampai menjadikannya lebih bermanfaat dan bernilai jual.

Rencananya, program Kampung Binaan ini akan dilaksanakan secara bertahap selama kurun waktu 5 bulan, yakni mulai 15 November 2008 sampai 8 Maret 2009. Dalam perjalanannya, Mahasiswa dan masyarakat akan gotong royong memperbaiki infrastruktur kampung yang dirasa sudah mulai rusak.

Tujuh agenda yang disusun oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM ITS selama program Kampung Binaan ini berlangsung adalah kerja bakti yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat setiap satu bulan sekali yang pelaksanaan perdana kerja bakti rutin ini adalah pada Minggu 16 November di RT 04, pelatihan komposter, pembangunan depo sampah, penyuluhan tanaman obat keluarga, perbaikan jalan, penyuluhan sampah dan perbaikan gizi melalui posyandu setempat.

Turut diundang dalam launching Kampung Binaan ini adalah Ibu Sriatun Jupri yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai Srikandi Lingkungan Surabaya. Kehadiran sosok peraih Kalpataru Kotamadya Surabaya 2006 ini membuat suasana lebih hidup dengan berbagai ide kreatifnya dalam memanfaatkan sampah dan mengolahnya menjadi  produk yang bernilai jual tinggi. Tak hanya itu, kader lingkungan Kelurahan Jambangan ini sangat antusias dengan acara yang digelar oleh BEM ITS ini dan berharap program Kampung Binaan ini bisa menghasilkan perubahan yang lebih baik, minimal bagi warga RT 04 sendiri. (bem/its)

Berita Terkait