ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
07 Desember 2008, 20:12

Jurnalistik Beberapa KM ITS Telah Mati

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jurnalistik di jurusan saya mati. Demikanlah pernyataan salah satu peserta. Pernyataan peserta tersebut merupakan sedikit gambaran dari kurang bergairahnya jurnalistik di ITS. Melalui acara ini terungkap fakta bahwa jurnalistik di beberapa KM di ITS mati atau ada juga yang hampir mati.

Tak heran jika BEM ITS menggelar acara pelatihan jurnalistik. ”Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik dan IT para peserta,” papar Aan selaku Kepala Infokom. Bertempat di Teknik Lingkungan, materi pelatihannya berkutat seputar motivasi menulis, teknik fotografi, pelatihan web, teknik menulis opini dan motivasi urgensi menulis

Tak tanggung-tanggung, sasaran acara ini adalah anggota infokom, perwakilan tiap departemen BEM ITS dan perwakilan Keluarga Mahasiswa (KM) ITS. Pengundangan KM ITS dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan supaya dapat membangkitkan jurnalistik di tempatnya masing-masing. ”Saya harap teman-teman mempunyai ide kreatif untuk meningkatkan jurnalistik di ITS,” tandas Aan.

Pengundangan tiap KM ITS juga dimaksudkan untuk membahas Rumah Komunikasi (Ruko) yang telah digagas oleh Infokom sebelumnya. Ruko tersebut, nantinya akan menjadi ajang sharing isu dan informasi terbaru antar KM ITS. Selain itu, Ruko juga dipergunakan untuk mengoptimalkan mailing list (millis). Selanjutnya Infokom berencana mengundang kembali perwakilan KM ITS. Agendanya merupakan penunjukan penanggung jawab tiap KM ITS.

Acara ini pun disambut baik oleh para peserta. ”Acara ini bagus untuk tambahan ilmu dan sebaiknya Ruko harus secepatnya direalisasikan,” ungkap Januar, salah satu peserta.

Sementara itu, Ruko yang telah digagas tersebut terdiri dari komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah berupa website BEM, yaitu bem.its.ac.id. Adapun komunikasi dua arah dapat diikuti dalam forum online km_its.all-forum.net, email dan situs komunitas friendster yang beralamat di bem@its.ac.id. Selain itu, masih terdapat email pengiriman artikel di alamat email redaksi_vivat@yahoo.co.id dan millis di alamat km_its@yahoo.groups.com. (nrf/mtb)

Berita Terkait