ITS News

Rabu, 02 Oktober 2024
22 Desember 2008, 18:12

ITS Uji Barang Bukti Jembatan Ambruk

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Barang bukti yang diuji, diambil dari empat tempat pada lokasi jembatan ini. Keempatnya akan dilakukan pengujian tekan dan tarik, begitu juga dengan besi cor yang dijadikan tulangan.

Ir Mudji Irmawan MS menjelaskan uji yang dilakukan kali ini untuk melihat kelayakan bahan bangunan jembatan dilihat dari unsur beton dan tulangannya. "Dari hasil yang ada sementara, bahan yang diujikan kali ini masih masuk katagori aman," ujar Dosen Teknik Sipil yang juga Pembantu Dekan III FTSP ini.

Mudji juga menjelaskan secara teoritis apa yang didapatkan dari hasil uji ini berupa nominal yang dapat dibandingkan dengan nilai spesifikasi dari bahan. "Misalnya saja tulangan yang berukuran 19 mm ini memiliki kemampuan daya tahan jauh diatas batas minumumnya," tandas Mudji.

Hasil sementara dari uji tarik dan tekan untuk semua barang bukti yang ada masih memiliki nilai tingkat keamanan yang tinggi. Setelah uji ini selesai dilakukan maka selanjutnya tim ahli ITS melakukan analisa struktur. "Dalam satu pekan ke depan, hasil akhir dari analisa struktur sudah bisa didapatkan," ungkap Mudji lagi.

Kasatreskrim Polres Surabaya Timur AKP Hartoyo SIK yang hadir dalam pengujian mengungkapkan hasil uji yang dilakukan akan digunakan sebagai bukti pendukung dari tim ahli. "Tentunya proses penyelidikan tidak selesai sampai di sini saja, kita masih akan kembangkan kepada kontraktor dan pengawas proyek jembatan ini," terang mantan Kapolsek Gubeng ini.

Menurutnya faktor ambruknya jembatan ini tidak hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. "Masih banyak yang kita perhatikan misalnya perencanaan, material, pelaksanaan, dan pengawasan proyek jembatan," katanya. Yang pasti terjadi human-error pada kasus ini, lanjut Hartoyo. (fn/mtb)

Berita Terkait