ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
05 Januari 2009, 19:01

IKA ITS Berikan Beasiswa untuk Aktivis

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan jumlah alumni ITS yang sangat banyak sebenarnya tersimpan potensi besar untuk membangun kampus ITS ini. “Dengan asumsi 10 ribu alumni ITS yang menyumbangkan 100 ribu per tahun maka kita sudah bisa memberikn beasiswa 4 ribu mahasiswa yang juga setara dengan 25 persen jumlah total mahasiswa ITS,” ujar Prof Ir Priyo Suprobo PhD dalam sambutannya.

Dari sini , Probo memberi gambaran tentang kesiapan ITS untuk menuju Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang sampai saat ini masih mengundang banyak pro dan kontra. ”Dengan dukungan dari IKA ITS dan semua elemen di ITS, sebenarnya kita sudah siap untuk menuju kampus BHP tanpa harus meningakatkan biaya pendidikan,” ulas Probo.

Beasiswa ini sendiri diperuntukkan bagi para aktivis kampus yang telah banyak berkecimpung di dunia organisasi internal kampus. ”Kami menyediakan beasiswa ini untuk aktifis dengan harapan setelah mereka lulus mereka masih bisa berbagai kepedulian terhadap masyarakat sama seperti saat mereka masih menjadi mahasiswa,” ujar Dwi Sucipto, Ketua IKA ITS pusat.

Untuk awalan, baru 50 mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini, yakni berupa biaya SPP selama satu tahun dimulai Januari 2009. ”Harapannya ke depan program ini akan menjadi sebuah kontribusi yang berkelanjutan dan semakin meningkat pada tahun-tahun berikutnya,” harap Dwi yang juga Direktur Utama PT Semen Gresik.

Selain itu, IKA ITS juga memfasilitasi sivitas akademika ITS yang mau mengembangkan ilmunya melalui jaringan IKA ITS. ”Alumni ITS kan banyak sekali yang telah menjadi orang penting di berbagai perusahaan nasional. Jadi, kalau ada mahasiswa atau dosen yang ingin magang, melakukan study excursion (SE) atau mau mengadakan penelitian akan kami fasilitasi dari jaringan almuni,” tambah Dwi Sucipto. (hoe/fay)

Berita Terkait