ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
21 Januari 2009, 14:01

Prihatin, Alumni Bantu Aktivis Lewat Beasiswa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mengapa harus aktivis organisasi ? Hamdani selaku ketua departemen hubungan antar alumni perguruan tinggi dan kelembagaan kampus, mengungkapkan alasannya. "Organisasi adalah media bagi pengembangan soft skill mahasiswa. Jadi kami ingin memberi dorongan agar banyak mahasiswa yang tertarik dengan organisasi melalui launching beasiswa IKA ITS ini, ” papar Hamdani

Mantan ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia tahun 1994-1995 ini berpendapat bahwa beasiswa ini menjadi tahap awal bagi IKA ITS untuk turut berkontribusi langsung ke mahasiswa. “Seleksi ini tak main-main, kami akan adakan scoring mulai dari komitmen aktivis yang terlihat dari essay motivasi mereka,” jelas Hamdani.

Hamdani juga menambahkan, beasiswa aktivis ini lebih dikhususkan bagi mahasiswa aktivis yang kurang mampu. “Untuk itu, ada beberapa persyaratan administratif seperti rekening listrik,” ungkapnya.

Melalui beasiswa ini, rencananya IKA akan membantu meringankan SPP mahasiswa selama dua semester berturut-turut. Selain itu, pihak alumni juga berencana untuk memprofilkan penerima beasiswa di website ITS. “Nanti, profil mahasiswa tersebut bisa di lihat di web ITS, dan tentu bisa dilihat oleh alumni. Jadi, bila mereka tertarik bisa langsung di hire,” jelasnya.

Dengan program ini, IKA berharap akan lahirnya next leader yang memiliki kemampuan soft skill yang baik. “Dari sini saya berharap bila mahasiswa ITS akan mampu mengembangkan softskill seperti strategy thinking, komunikasi, presentasi serta versalitiy dan flexibility,” jelas Hamdani.

Lebih lanjut, Hamdani mengungkapkan, dalam proses pendaftaran beasiswa ini sempat terjadi sedikit kesalahan informasi antar alumni dan pihak kemahasiswaan ITS, yakni tentang jadwal pendaftarannya. “Pendaftaran akan terus dibuka sampai tanggal 23 Januari,” tuturnya. (yud/fay)

Berita Terkait