ITS News

Kamis, 03 Oktober 2024
22 Januari 2009, 10:01

IKA ITS akan Sumbang Sepeda ke Sekolah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Program bantuan sepeda yang kali pertama digelar di Jawa Timur ini rencananya akan dibagikan kepada 20 sekolah SD/SMP. IKA ITS tak sendirian dalam hal ini. Mereka juga menggandeng Konsorsium Sepeda Untuk Sekolah yang beranggotakan ILUNI, Bike to Work (B2W), Klub Guru, dan Centre for the Betterment of Education.

Dalam satu pernyataan tertulisnya, Hamdani, Ketua Departemen Hubungan Antar Alumni Perguruan Tinggi dan Kelembagaan Kampus IKA ITS menegaskan bahwa program ini bertujuan untuk menekan angka anak putus sekolah yang diakibatkan mahalnya biaya transportasi. Selain itu, program baru diharapkan dapat membantu anak usia dari latar belakang ekonomi lemah agar tetap dapat mengikuti pelajaran tanpa terganggu masalah transportasi, serta mendorong kebiasaan penggunaan kendaraan bebas emisi gas buang sejak awal di sekolah dan program hemat energi sejak dini.

Diagendakan, acara nanti akan diawali dengan sepeda santai bersama komunitas Bike To Work (B2W) Surabaya. Rencananya, Walikota Surabaya Bambang DH akan ikut dalam konvoi sepeda yang finish di kampus ITS ini.

Tak lupa, Hamdani atas nama IKA ITS juga turut mengundang segenap sivitas akademika yang hobi bersepeda untuk ikut bergabung konvoi menuju ITS, berangkat pukul 6.00 pada hari yang dijadwalkan. Rute akan di mulai dari Taman Bungkul Surabaya dan dilanjutkan menuju Tunjungan Plaza, Grahadi, Jalan Panglima Sudirman, Kayon, Biliton, Kertajaya dan berakhir di Rektorat ITS.

Lebih lanjut Hamdani berharap, setelah kegiatan ini berlangsung, IKA ITS dapat bergabung bersama ILUNI kampus lain menjadi salah satu anggota Konsorsium Sepeda Untuk Sekolah dan bersama-sama menjalankan program sosial Sepeda Untuk Sekolah ini di seluruh Indonesia. (*/fay)

Berita Terkait