ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
01 Februari 2009, 18:02

PSM ITS Adakan SNCC 2009

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Gedung SCC nampak berbeda dari biasanya, alunan suara merdu dari para peserta kompetisi Sepuluh Nopember Choir competition (SNCC) mengundang ratusan para penonton untuk turut menghadiri kompetisi yang diadakan oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS.

Tujuan utama diadakan acara ini adalah untuk memperkenalkan dunia paduan suara kepada mahsiswa SMA se Jawa Timur, terlebih lagi dunia paduan suara mulai digandrungi. "Kami ingin menunjukkan bahwa paduan suara mahasiswa ITS dapat dijadikan sebagai barometer untuk siswa-siswi SMA, terlebih lagi prestasi yang diraih PSM ITS sudah lebih baik," tambah Annisa Rofika Rohmi, Ketua PSM ITS.

Pada hari kedua (31/1), kompetisi baru digelar dan diikuti oleh sembilan peserta dari sekolah-sekolah SMA se Jawa Timur. Untuk kompetisi kali ini, panitia memberikan pilihan untuk masing-masing tim membawakan dua buah lagu, lagu pilihan terikat dan folksong (lagu-lagu daerah). Dan untuk Lagu pilihan terikat panitia memberikan dua alternatif pilihan yakni, Tekad arransement Damodoro Nuraddyo, serta Spirit dari FA Warsono.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian dari kompetisi yang diadakan oleh PSM ITS kali ini, diantaranya adalah intonasi, kualitas vokal paduan suara, kesesuaian dalam partitur serta suguhan artistik yang diberikan dari masing-masng tim. "Kebanyakan tim masih kurang untuk intonasi dan teknik frasering atau pemenggalan kata," tutur Frits Bosar Siamngunsong, Music Director Concord Singer yang juga juri dalam kompetisi SNCC 2009.

Hal yang senada juga ditambahkan oleh Annas Dwi Satriyo, pelatih PSM ITS. "Kebanyakan orang akan berusaha untuk menyanyi dengan baik dan benar tapi jarang yang menyanyi dengan sehat. Saya harap para peserta lebih maksimalkan membawakan sebuah lagu dengan sehat," tutur Anas sebelum mengumumkan nama-nama pemenang.

Pada closing ceremony para penonton disuguhkan dengan alunan suara dari beberapa tim. Diantaranya Gita SMANISDA yang menyanyikan lagu Cucak Rowo dan kemudian ditutup lagu When You Believe dari PSM ITS. Untuk pemenang, Gita SMALA dari SMA 5 Surabaya meraih juara pertama dengan nilai 77.98, juara kedua Gita SMANISDA dari SMA 1 Sidoarjo dengan nilai 77.83 dan juara ketiga Santo Albertus dari SMAK Santo Albertus Malang dengan nilai 77.75. (st/mtb)

Berita Terkait