ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
03 Februari 2009, 16:02

SKEM hanya untuk Angkatan 2008

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Prosesnya hampir serupa dengan sistem perwalian. Mahasiswa angkatan 2008 harus mengisi kegiatan ataupun organisasi yang telah diikutinya sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh bidang akademik.

"Mahasiswa sendiri yang harus meng-entry kegiatan ataupun organisasi yang telah diikuti baik UKM maupun keorganisasian yang ada di ITS, dan tentunya setiap masih mahasiswa akan tetap dikontrol oleh setiap dosen wali mereka," jelas Dr Suasmoro, selaku Pembantu Rektor III.

Penilaian SKEM dikhususkan pada bidang penalaran dan keilmuan, minat dan bakat, organisasi dan kepemimpinan serta kepedulian sosial. Sedangkan akumulasi penilaian SKEM akan diberikan pada waktu mahasiswa tersebut telah menyelesaikan beban studinya. "Dengan begitu, mahasiswa diharapkan untuk lebih aktif lagi dalam beroragnisasi karena setiap mahasiswa diwajibkan untuk meraih skor kumulatif minimal 1000 untuk mahasiswa tahap sarjana dan 750 untuk tahap diploma untuk lulus," papar Suasmoro, yang juga merupakan Dosen Fisika.

Suasmoro juga menambahkan dengan adanya SKEM dapat menggambarkan kepada mitra kerjasama ITS bahwa lulusan ITS tidak hanya bisa dilihat dari sisi akademik. "Adanya teknik skoring, dengan kata lain, kita juga memberitahukan bahwa lulusan ITS juga memiliki soft skill yang dapat diandalkan," ujar Suasmoro.

Masih menurut Suasmoro, untuk teknik skoring SKEM ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa angkatan 2008. mengingat untuk tahun ini mahasiswa lama juga akan dihadapakan dengan adanya ekivalensi di bidang kurikulum. "Kami tidak ingin memberatkan mahasiswa terlebih lagi bagi mereka yang juga akan mengakhiri beban studinya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika mahasiswa lama juga menginginkan hal yang serupa," ujarnya. (st/mtb)

Berita Terkait