ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
09 Februari 2009, 13:02

Peduli Korban Banjir, BEM ITS Galang Dana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Aksi penggalangan dana ini dilaksanakan di tiga titik, yakni perempatan Hotel Sahid, perempatan RCTI dan perempatan Gubeng Kertajaya. Pemilihan ketiga daerah tersebut karena lalu lintas di ketiga titik tersebut ramai. Strategi ini pun berhasil mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. Hal ini terbukti lewat dana yang terkumpul mencapai  Rp 1.678.400.

Selain menggelar aksi galang dana di luar ITS, Pengmas BEM ITS juga menggalang dana di ITS. Penggalangan tersebut dilakukan lewat Himpunan Mahasiswa  Jurusan (HMJ) dan dikumpulkan paling lambat Jumat (13/1). Rencananya bantuan tersebut akan diberikan Sabtu (14/1) mendatang bersama dengan Mahasiswa Siaga Bencana (Mahagana) Jatim.

Daerah yang diberi bantuan tersebut adalah daerah yang paling membutuhkan dan yang dekat dijangakau. Bantuannya sendiri diprioritaskan berupa bahan-bahan yang diperlukan oleh korban banjir. Sebelumnya, Pengmas BEM ITS juga melakukan peninjauan lapangan untuk mengetahui kebutuhan para korban banjir.

Sebenarnya, Pengmas BEM ITS berkeinginan untuk membeli alat penjernihan air untuk para korban banjir. ”Alat ini nantinya dioperasikan oleh para korban banjir sehingga mereka tidak kesulitan dalam mendapatkan air bersih,” ujar Elly selaku Sekretaris Menteri Pengmas. Namun, rencana ini membutuhkan dana yang besar. Karena itulah, rencana ini masih dalam kajian.

Sementara itu, Pengmas BEM ITS juga berencana melakukan pengkajian bersama Departemen Sosial Politik (Sospol) BEM ITS. Pengkajian tersebut mendesak pemerintah kota daerah hulu DAS Bengawan Solo untuk mengembalikan lahan serapan. ”Revitalisasi di daerah hulu harus dilakukan untuk mencegah banjir di tahun-tahun berikutnya,” imbuh Elly. (nrf/mtb)

Berita Terkait