ITS News

Jumat, 04 Oktober 2024
09 Februari 2009, 13:02

Dua Himpunan Adakan Olimpiade

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

“Tujuan diselengarakannya kegiatan ini tak lain memberikan fasilitasi siswa-siswi SMA untuk mengasah otak kanan terutama dalam mengerjakan soal fisika,” papar Juan Pandu Gya Nur Rochman, Ketua Pelaksana. Selain itu, Juan menambahkan bahwa diadakannya kegiatan ini tak lain untuk menghilangkan momok dari siswa-siswi SMA bahwa Fisika merupakan hal yang menakutkan.

Acara olimpiade yang juga merupakan serangkaian acara Pekan Fisika 2009 yang diadakan oleh mahasiswa Fisika ini dibagi menjadi delapan rayon ini, salah satunya, Surabaya. Tak kurang 106 peserta berjuang mengerjakan soal–soal yang telah disediakan panitia selama dua jam.

Bentuk soal yang di ujikan kepada peserta Olimpiade Fisika Nasional ini berupa pilihan ganda. Adapun materi yang diujikan adalah mayoritas materi mekanika serta termodinamika. “Soal–soalnya lumayan sulit diselesaikan, bahkan perhitungannya hanya berupa abjad saja,” keluh seorang peserta.

Menurut Juan, soal–soal babak peyisihan sudah di modif sedemikian rupa disesuaikan kemampuan siswa. “Soal–soal di babak penyisihan ini sudah di rundingkan dengan tim pembuat soal dari pihak Jurusan,” jelas Juan, mahasiwa Fisika semester empat ini.

Pihak panitia pun ternyata mengalami kesulitan untuk memutuskan tim yang akan lolos untuk di babak semifinal. “Ada nilai tim peserta yang sama, hingga panatia memberikan satu tambahan soal untuk dikerjakan lagi,” ujar Ahmad Mirwan Hidayatullah, koordinator Sie Acara.

Dan babak semifinal dan final akan dilaksanakan pada tanggal 14 -15 Februari 2009. Acara yang serupa juga dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika. Dengan sistem penilaian yang serupa namun untuk babak penyisihan untuk Oliampiade yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika telah dilakukan pada tanggal 1 Januari lalu di tiap Rayon yang telah ditentukan panitia. (st/mtb) 

Berita Terkait