ITS News

Sabtu, 05 Oktober 2024
13 Maret 2009, 13:03

Science for Kids, Edukasi Sains untuk Siwa SD

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puluhan siswa dari berbagi SD memenuhi ruang Seminar Rektorat ITS. Ada yang datang dari SD Menur Pumpungan, SD Keputih, SDIT Al Uswah, SD Klampis Ngasem dan lain-lain. Mereka memang sengaja diundang untuk mengikuti Kegiatan Science for Kids yang diadakan oleh BEM FMIPA ITS. Acara yang dihelat satu tahun sekali ini bertujuan mengenalkan dunia sains kepada para siswa sekolah dasar.

"Tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan para pelajar SD terhadap dunia sains khususnya MIPA. Jadi, mereka tak hanya mendapatkan teori di sekolah tapi juga tahu aplikasinya," ujar Respati Wibowo selaku Ketua Panitia.

Dalam acara tersebut, puluhan siswa dan guru yang hadir diajak menuju labolatorium di Jurusan Fisika. Di sana, mereka dikenalkan dengan berbagai alat yang mungkin jarang ditemui di kehidupan sehari-hari. Selepas itu, peserta juga diberi tontonan video sains serta game-game simulasi yang menarik antusiasme para siswa.

"Dulu yang diikutkan dalam acara ini yang hanya yang siswi-siswi saja. Sekarang gantian kami (siswa-siwa, Red). Rasanya menyenangkan sekali," ujar Bahtiar, siswa dari SD Semolowaru 2.

Para guru yang datang mengantarkan para anak didiknya pun merasa sangat senang sekali, mengingat acara sejenis ini sangat jarang bahkan mungkin tak ada duanya. "Saya sangat berterima kasih sekali atas undangannya. Saran saya kedepannya lebih diperbanyak lagi untuk kunjungan labolatoriumnya. Saya tunggu undangannya lagi tahun depan," ungkap Ulum, seorang guru dari SD Menur Pumpungan.

Kegiatan yang juga salah satu program kerja dari Departemen Sains dan Teknologi BEM FMIPA ini memang sengaja hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa SD. "Karena kalau SMP apalagi SMA sudah banyak jurusan yang mengadakan," ungkap Respati. (hoe/fay)

Berita Terkait