ITS News

Minggu, 06 Oktober 2024
28 Maret 2009, 22:03

Chemical First Aid, Padukan Hiburan dan Kegiatan Sosial

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan yang bertujuan untuk mencitrakan jurusan Teknik Kimia ITS ini bisa dibilang cukup unik. Mereka berusaha memadukan antara kegiatan hiburan dan kegiatan sosial. "Kami dari panitia CFA berusaha memberikan acara yang berbeda dengan yang lainnya, termasuk konsep CFA yang lebih memberikan manfaat langsung ke masyarakat," terang Ento Fajar Nitibiono, Ketua Panitia CFA.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan kali ini berjudul One Day Exhibition (ODE) yang merupakan salah satu rangkaian CFA. Selama satu hari digelar berbagai pameran untuk memeriahkan acara dan menarik pengunjung. "Minggu kemarin kita telah menggelar pengobatan gratis di daerah Keputih. Sekarang kita melaksanakan ODE. Namun keuntungan acara ini, separuhnya akan kita salurkan untuk bedah perpustakaan Sekolah Dasar," ungkap mahasiswa angkatan 2006 ini.

Sebelumya, Sekolah Dasar yang menjadi tujuan bantuan telah disurvey agar tepat sasaran. "Jadi biar tidak salah sasaran, kami telah melakukan survey ke SDN 1 dan SDN 2 Keputih," ujar mahasiswa asal Jakarta ini. Selain itu, tim survey juga memastikan kondisi perpustakaan dari sekolah tersebut terutama dari kualitas buku-bukunya.

Sementara tujuan dari bedah perpustakaan sendiri bukanlah untuk memperbaiki secara fisik bangunan perpustakaan dari sekolah tersebut. "Bedah perpustakaan yang kita maksud adalah dengan memperbaharui buku – buku yang ada disana," tandas Ento. Jika dana yang didapatkan pada ODE cukup besar, tidak menutup kemungkinan akan digunakan juga untuk memperbaiki gedungnya.

Hanya dengan biaya Rp 5 ribu, penonton ODE bisa menikmati beberapa penampilan band dari berbagai jurusan di ITS. Mereka semua beraksi dalam acara Festival Band yang dilaksanakan di malam hari. ODE tambah menarik setelah berbagai kumpulan karya tulis, cerpen, dan puisi turut dipamerkan di acara tersebut. "Semua karya yang kita pamerkan pada acara ini merupakan karya mahasiswa Teknik Kimia yang bertemakan kepedulian sosial," lanjutnya. Tidak hanya itu, ada juga pameran fotografi, komik strip, dan grafiti yang semakin meramaikan malam di Taman Alumni itu.

Ganes Aditya salah satu penonton ODE mengakui cukup antusias mengikuti acara ODE. "Seru ya! jarang-jarang di ITS bisa menemukan acara seperti ini. Selain dapat hiburan kita juga dapat beramal. Coba kita lihat di setiap pojok arena dan stan dapat kita lihat box untuk sumbangan," ujar mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2006 ini.(fn/bah)

Berita Terkait