ITS News

Minggu, 29 September 2024
26 Desember 2022, 13:12

PMM ITS Kenalkan Peradaban Majapahit kepada Siswa SD

Oleh : itsthi | | Source : ITS Online

Foto bersama Mahasiswa PMM ITS bersama para siswa dan wali kelas usai pemaparan materi dan penyerahan cenderamata

Kampus ITS, ITS News – Usai mempelajari sejarah dan peninggalan Kerajaan Majapahit, mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyusun sebuah modul bernama Mengenal Peradaban Majapahit. Tak hanya untuk kepentingan pribadi, modul ini disampaikan kepada siswa sekolah dasar di Kecamatan Kenjeran.

Dosen pengampu Modul Nusantara PMM II ITS, Iska Desmawati SSi MSi, menjelaskan bahwa pengenalan peradaban Majapahit ini dilakukan sebab peradaban tersebut termasuk ke dalam peradaban terbesar di Indonesia. Sedang jenjang sekolah dasar merupakan tingkatan yang paling ideal untuk mengenalkan peradaban kuno tersebut. “Rasa ingin tahu mereka sangat tinggi sehingga mudah untuk menerima wawasan baru,” ucapnya.

Selanjutnya, Iska menyebut, pemaparan modul Mengenal Budaya Majapahit dilaksanakan secara serempak di lima sekolah dasar di Kecamatan Kenjeran. Yakni SDN Tambak Wedi 508, SDN Bulak Banteng I/263, SDN Sidotopo Wetan I/255, SDN Sidotopo Wetan IV/558, dan SDN Sidotopo Wetan V. Melalui buku modul dan poster, pemaparan materi berjalan secara interaktif. 

Mahasiswa PMM ITS saat Pemaparan Modul Mengenal Peradaban Majapahit melalui media poster dan buku

Salah satu Mahasiswa PMM ITS, Paskal Immanuel Kontoro, menuturkan bahwa pengenalan Peradaban Majapahit yang mereka sampaikan kepada para siswa meliputi sejarah berdirinya Majapahit, masa kejayaan di bawah pemerintahan Hayam Wuruk, dan kehebatan Kerajaan Majapahit di berbagai bidang. Salah satunya adalah kehebatan kekuatan maritimnya. “Selain berhasil menguasai hampir seluruh nusantara, mereka juga yang memperkenalkan jalur rempah kepada dunia,” tambahnya bersemangat.

Paskal mengungkapkan, pemaparan modul yang mereka lakukan mendapat respon baik dari guru maupun siswa. Setelah mendapat pemaparan, banyak siswa yang ingin mengunjungi situs peninggalan Majapahit yang berpusat di Trowulan untuk mempelajari peradabannya lebih lanjut. “Mereka sangat bersemangat. Apalagi untuk mengunjungi candi-candi dan museumnya,” tutur mahasiswa Universitas Tadulako ini.

Antusiasme siswa SDN Sidotopo Wetan IV/558 saat pemaparan Modul Mengenal Peradaban Majapahit

Terakhir, mahasiswa asal Sulawesi Tengah ini berharap apa yang mereka sampaikan dapat menjadi gerbang awal para siswa dalam mengenal kekayaan sejarah dan budaya bangsa. “Masih ada banyak peradaban kerajaan besar di Nusantara. Selain itu, pengetahuan ini juga penting agar mereka tidak melupakan sejarah dan identitas leluhur bangsa,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Nurul Lathifah
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait