ITS News

Minggu, 29 September 2024
13 Februari 2023, 16:02

Siapkan Entrepreneur, Mahasiswa ITS Ikuti Workshop di UCSI Malaysia

Oleh : itssil | | Source : ITS Online

Salah satu kegiatan Workshop International yang dilakukan mahasiswa Manajemen Bisnis dengan meninjau industri IKEA

Kampus ITS, ITS News — Terus siapkan mahasiswa menjadi pebisnis andal, kali ini Departemen Manajemen Bisnis (MB) ikuti workshop di University College Sedaya International (UCSI) University Malaysia. Workshop tersebut dilakukan dengan pembekalan materi dan praktik langsung pada perusahaan industri.

Sebanyak 19 mahasiswa Departemen Manajemen Bisnis ITS turut menghadiri workshop di UCSI secara luring selama satu minggu. Mahasiswa belajar mengenai strategi inovasi bisnis melalui materi yang bertajuk Blue Ocean Strategy. Blue ocean strategy merupakan sebuah strategi bisnis dalam  merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan permintaan baru.

CEO UCSI Extension, Mr Stephen Cornelius turut hadir dengan memberikan materi dan pendampingan kepada peserta workshop. Menariknya, Stephen membawakan materi dengan mengajak mahasiswa terjun langsung melihat kondisi nyata di lapangan.”Hal ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk berpikir secara kreatif,” ujarnya. 

Di sisi lain, pembelajaran workshop yang dilakukan tidak hanya berkutat pada penjelasan materi. Mahasiswa diajak meninjau industry IKEA untuk menganalisis pengalaman pelanggan saat mengunjungi dan membeli produk IKEA. Di akhir, mahasiswa diberikan proyek untuk menganalisis strategi bisnis melalui blue ocean strategy dan mempresentasikannya.

Selaras dengan bidang manajemen bisnis, penanaman pola pikir kewirausahaan juga dilakukan. Membangun bisnis bagi pemula tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, program ini menghadirkan  tiga praktisi UCSI untuk membawakan materi bertema pengelolaan bisnis From Zero to Hero.

Stephen mengungkapkan , ia ingin mahasiswa dapat berpikir terbuka dan mempelajari banyak hal melampaui batas. Melalui hal tersebut, mahasiswa dapat melihat kelebihan dalam dirinya dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mencari inspirasi. “Tentunya kegiatan ini dirancang untuk menunjang karier mereka dalam menjalani kehidupan kerja nantinya,” tutur Stephen.

Presentasi final project blue ocean strategy yang dilakukan mahasiswa Manajemen Bisnis ITS

Penanggung jawab program, Gogor Arif Handiwibowo ST MMT menjelaskan, pelatihan ini ditujukan kepada mahasiswa minimal semester tiga. Hal ini dilakukan  agar pendalaman materi terkait analisis manajemen strategis lebih optimal. Melalui materi blue ocean strategy, mahasiswa dibekali pendalaman dalam pemahaman filosofi hingga implementasinya.

Lebih lanjut, Gogor mengungkapkan UCSI sendiri dipilih untuk menjadi sasaran tempat menimba ilmu karena keahlian pengalamannya dalam analisis manajemen strategis. Tak hanya itu, workshop telah berjalan sekian kalinya dan meninggalkan jejak hasil positif. Untuk itu, kerja sama antar ITS dengan UCSI patut untuk dilanjutkan.

Tentunya, dengan mengajak mahasiswa belajar di luar negeri, Gogor berharap dapat memberi pengalaman tersendiri bagi mahasiswanya. Dosen Manajemen Bisnis ini yakin program ini  dapat direpetisi  ITS sebagai peningkatan kompetensi mahasiswanya. “Semoga program ini dapat berlanjut di tahun mendatang dan program workshop diperluas tidak hanya di UCSI saja,” terangnya di akhir. (*)

 

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait