ITS News

Minggu, 29 September 2024
20 Februari 2023, 16:02

Cerdaskan Siswa, KKN ITS Ajarkan Fenomena Interferensi

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

(dari kiri depan ke kanan) Sudarsono MSi, Dr Gatut Yudoyono MT, Drs Gontjang Prajitno MSi, Linda Silvia MSi. (dari Kiri belakang ke kanan) Bilqia Mafaz, Haikal Khubbi Saputra, Raditya Cakra Y, Halimatus Syaidah, Jasinda Wijdannysa

Madiun, ITS News — Tingkatkan pengetahuan terkait ilmu fisika, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) beri pencerdasan kepada siswa MTS Bulu Candimulyo, Kabupaten Madiun. Dalam pelaksanaannya, tim KKN ITS beri materi tentang Interferensi dan peragaan alat Kit Optika Fisis untuk siswa SMP.

Ketua tim KKN ITS, Bilqia Mafaz mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa di jenjang SMP dan sederajat terkait dengan ilmu fisika khususnya fenomena interferensi dan penggunaan alat Kit Optika. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk mengenalkan ITS dan Departemen Fisika ITS kepada siswa SMP sederajat.

Bilqi menjelaskan, Kit Optika adalah kumpulan peralatan optik yang dipakai untuk melakukan percobaan dan demonstrasi yang menarik dalam pembelajaran tentang optika. Penggunaan Kit Optika dalam pembelajaran IPA dapat memudahkan siswa memahami fenomena interferensi, sifat-sifat cahaya, serta karakteristik lensa dan cermin. Namun, MTS Bulu Candimulyo belum memiliki alat ini sehingga dalam KKN ini, ITS juga menghibahkan dua unit Kit Optik.

Pria yang akrab disapa Bilqi tersebut mengungkapkan, materi yang diterangkan oleh tim KKN ITS sendiri terdiri atas dua topik yang berkaitan. Pertama, adalah interferensi yang merupakan penggabungan dari dua sumber cahaya. Kedua adalah penggunaan alat optik interferensi berupa Kit Optika Fisis SMP.

“Kedua materi tersebut (Interferensi dan Kit Optika Fisis SMP, red) dipertimbangkan karena beririsan dengan praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” ungkap Bilqi.

Kit Optika interferensi SMP yang digunakan sebagai alat peraga

Dalam pelaksanaannya, Bilqi menjelaskan bahwa kegiatan ini dimulai dengan pretest yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan para siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait interferensi dan Kit Optika Fisis SMP.

Praktik Langsung

Tidak hanya materi, tim KKN ITS juga mengajak para siswa praktik langsung menggunakan alat Kit Optika Fisis SMP. Para siswa diminta untuk mengerjakan posttest yang telah disediakan oleh tim KKN ITS. Hasilnya, para siswa berhasil menjawab lebih banyak soal benar pada posttest dibandingkan saat pretest.

Output dari kegiatan ini memuaskan, anak-anak bertambah pengetahuannya, dari yang awalnya 40-50 menjadi 80-100,” jelas  Bilqi.

Tim KKN ITS ketika menjelaskan materi Interferensi

Bilqi menceritakan, KKN ini mendapat tanggapan baik dari guru maupun siswa MTS Bulu Candimulyo. Siswa merasa pembelajaran mengenai interferensi menjadi lebih menarik. Guru-guru juga mengucapkan terima kasih banyak dan dengan harapan semoga kedepannya Kit Optika yang dihibahkan dapat terus bermanfaat bagi pembelajaran di MTS Bulu Candimulyo. 

Tim KKN ITS yang dibimbing oleh Drs Gontjang Prajitno MSi ini beranggotakan lima Mahasiswa Departemen Fisika 2020 yakni Bilqia Mafaz, Jasinda Wijdannysa, Halimatus Syaidah, Raditya Cakra Y, dan Haikal Khubbi Saputra.

Terakhir, Bilqi mewakili tim, berharap bahwa KKN ini dapat meningkatkan pengetahuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta menjadi motivasi dan pengalaman kepada para siswa. (*)

 

Reporter: Ahmad Farhan Alghifari
Redaktur: Shinta Ulwiya

Berita Terkait