ITS News

Jumat, 27 September 2024
16 April 2023, 09:04

Fasilitasi Mudik Gratis Mahasiswa, ITS Berangkatkan Delapan Bus

Oleh : itsash | | Source : ITS Online

Bus mudik bersama gratis yang membawa para mahasiswa ITS diberangkatan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT di dekat Masjid Manarul Ilmi ITS

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah menetapkan libur Idul Fitri untuk kegiatan akademik per tanggal 17 April 2023. Untuk itu, guna memfasilitasi animo mudik mahasiswa rantau, ITS kembali menghadirkan program Mudik Bersama (Muber) secara gratis yang diberangkatkan serentak oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, Sabtu (15/4) pagi.

Ketua pelaksana Muber ITS 2023 Imam Syafawi Ahmad SSi MSi menuturkan bahwa agenda yang dipelopori oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS ini merupakan kerja sama antara ITS dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan Ikatan Orangtua Mahasiswa (Ikoma) ITS. Program ini digelar setelah tiga tahun vakum akibat pandemi. “Karena aktivitas kampus sudah berjalan normal, permohonan bantuan mudik kembali meningkat,” ungkap dosen yang akrab disapa Isa tersebut. 

Dosen Departemen Aktuaria ini menyebutkan, peserta Muber 2023 berjumlah kurang lebih 250 mahasiswa. Untuk itu, imbuh Isa, ITS menyediakan delapan bus dengan delapan rute perjalanan menuju kota-kota di Jawa Timur. Masing-masing bus akan menempuh rute yang berbeda, yakni Tuban – Bojonegoro – Ngawi, Pamekasan – Sumenep, Malang/Batu – Blitar, Situbondo – Banyuwangi, Probolinggo – Jember – Lumajang – Bondowoso, Kediri – Tulungagung – Trenggalek, Nganjuk – Madiun – Magetan, dan Ponorogo – Pacitan.

Para mahasiswa ITS yang menjadi peserta Mudik Bersama 2023 yang diadakan secara rutin oleh ITS saat bersiap memasuki bus masing-masing

Isa mengaku, koordinasi antara mahasiswa pemudik dan pihak kampus dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sehingga lebih efisien. Salah satu pengurus BEM ITS Fajrian Zahara Salma mengungkapkan bahwa BEM ITS yang juga terdiri dari unsur mahasiswa sangat mendukung program ini karena memudahkan mahasiswa yang memiliki keterbatasan untuk mudik ke kampung halaman. 

Di akhir kegiatan, Isa mengucapkan selamat mudik kepada para mahasiswa. Ia mendoakan agar perjalanan mudik mahasiswa ITS diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan. “Semoga program ini dapat memberi kebermanfaatan dan menghadirkan semangat baru setelah bertemu rumah (keluarga, red),” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Lathifah Sahda
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait