ITS News

Minggu, 17 November 2024
27 April 2023, 08:04

Gagas Campaign Marketing Pond’s Men, Mahasiswa ITS Raih Juara Nasional

Oleh : itszah | | Source : ITS Online

(kanan) Mahasiswa ITS, Firmansjah Muhammad berhasil meraih Juara 2 kategori Group Winner dalam Unilever Future Leaders League 2023 beserta dua anggota tim lainnya yang berasal dari UI dan ITB

Kampus ITS, ITS News – Menempuh studi di kampus teknologi bukan menjadi penghalang bagi Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam eksplorasi dunia bisnis. Membuktikan hal tersebut, mahasiswa Departemen Teknik Sipil, Firmansjah Muhammad berhasil menggagas Campaign Marketing produk Pond’s Men, dalam perhelatan Unilever Future Leaders League 2023. 

Menjawab tantangan Unilever untuk merancang strategi pemasaran terhadap produk Pond’s Men, Firmansjah menyorot fakta bahwa mayoritas pria Gen-Z belum memiliki kesadaran untuk menggunakan facial wash. “Inilah mengapa campaign #CowoMasaGakTahu diangkat sebagai pemicu pria harus tahu pentingnya merawat kulit,” ungkapnya.

Mendukung pernyataan tersebut, mahasiswa angkatan tahun 2019 ini membagikan hasil survei  yang telah dilakukan bahwa 44 persen diantaranya mengaku tidak tahu tentang kebutuhan skincare bagi pria. Karenanya dalam upaya memperkuat brand positioning, tim The Purposeful menekankan bahwa Pond’s Men adalah produk perawatan kulit berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pria Gen-Z

Lebih lanjut, campaign tersebut akan dibagi menjadi tiga fase pendekatan. Fase pertama Awareness yang meliputi pengenalan dan edukasi kondisi kulit serta kebutuhannya. Fase kedua, Consideration. Fase ini dirancang untuk mendorong pria mau mempertimbangkan dan mencoba Facial Wash Pond’s Men. 

Fase terakhir, Conversion, ditujukan untuk menggaet customer potensial menjadi calon pembeli. “Banyak taktik pendukung yang kami usulkan pada masing-masing fase, mulai dari quiz, challenge, digital advertising, hingga in-store display,” paparnya.

Rancangan action steps yang diusulkan tim The Purposeful dalam Campaign Marketing #CowoMasaGakTahu

Membagikan apresiasi yang diperoleh dari para juri terhadap ide yang diangkat, mahasiswa berkacamata ini mengungkapkan dewan juri merasa strategi tersebut sangat inovatif dan implementatif. “Menurut dewan juri, ide kami sangat relevan dan menjawab permasalahan pria Gen-Z saat ini tentang ketidaktahuan terhadap kebutuhan kulitnya,” jelasnya.

Kilas balik pada proses persiapan, mahasiswa yang kerap kali memboyong prestasi di bidang bisnis ini mengungkapkan bahwa riset mendalam terhadap produk dan pelanggan harus dilakukan. Hal ini agar nantinya ide strategi pemasaran yang diangkat berkorelasi secara dua arah. “Dalam memahami pelanggan lebih intens, saya menyebar kuesioner dan wawancara secara langsung mengenai pengalaman mereka dan facial wash,” terangnya.

Firmansjah Muhammad saat mempresentasikan ide Campaign Marketing #CowoMasaGakTahu dalam ajang Unilever Future Leaders League 2023

Bukanlah suatu perjalanan yang mudah hingga timnya meraih gelar Juara 2 kategori Group Winner pada Unilever Future Leaders League 2023. Mengungkapkan salah satu motivasi utamanya, Firmansjah menyebutkan keinginannya untuk membangun kesan baru bahwa mahasiswa ITS juga mampu bersaing dalam ajang bisnis. “Saat ini untuk mengerti bisnis, tidak harus memiliki latar belakang bisnis tetapi motivasi dan kemauan,” tegasnya. (*)

 

Reporter : Faadhillah Syhab Azzahra
Redaktur: Shinta Ulwiya 

Berita Terkait