ITS News

Minggu, 29 September 2024
06 Mei 2023, 10:05

Dukung Keterampilan Menulis Mahasiswa, ITS Gelar Kompetisi Blog

Oleh : itsojt | | Source : -

Salah satu blog pemenang dalam ajang ITS Blog Competition 2023

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  terus berinovasi dalam mengembangkan wadah kreativitas mahasiswanya.  Melalui kolaborasi antara Unit Komunikasi Publik (UKP) dan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI), perdana diselenggarakan ITS Student Blog Competition 2023 yang bertemakan Proud ITS.

Kepala Subunit Promosi dan Citra Institusi UKP ITS, Ika Nurkasanah SKom MSc menjelaskan bahwa kompetisi ini ditujukan sebagai wadah mahasiswa dalam menuangkan ide kreatifnya melalui tulisan. Selaras dengan tema yang diusung, perlombaan ini juga sekaligus sebagai ajang mempromosikan ITS melalui media artikel yang menceritakan aktivitas, keseruan, dan kebanggaan para mahasiswa menjadi bagian dari kampus ITS.

Terkait kriteria penilaian, Ika yang merupakan koordinator dari perlombaan ini turut menambahkan, terdapat tiga indikator penilaian. Antara lain adalah kreativitas dari sisi visual dan naratif, kesesuaian tulisan dengan tema, serta jumlah engagement yang diperoleh. “Para pemenang dipilih berdasarkan orisinalitas, kreativitas, dan relevansi tulisan mereka dengan tema perlombaan,” tutur dosen Departemen Sistem Informasi ITS tersebut.

Ahdaf Amali, mahasiswa Departemen Sistem Informasi angkatan 2023 peraih nilai tertinggi dalalm ITS Blog Competition 2023

Sejak dibuka pada bulan April lalu, kompetisi ini akhirnya menobatkan Ahdaf Amali sebagai salah satu pemenang. Membawa judul Sedikit Cerita Tentang Ibu yang Luhur, mahasiswa Departemen Sistem Informasi ini sukses meraih nilai tertinggi. Melalui artikel yang ditulisnya, Ahdaf berbagi mengenai kisah perjalanannya ketika memasuki dunia perkuliahan. “Saya bermaksud mengajak teman-teman mahasiswa untuk bersyukur atas pemberian Tuhan kepada kita, terutama dengan diterimanya di kampus perjuangan ini,” ungkapnya.

Ahdaf pun ingin memberi tahu akan banyaknya wadah pengembangan diri yang bisa dimanfaatkan mahasiswa. Hal tersebut menurutnya tidak sekadar bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bisa menebar kebermanfaatan kepada orang lain. Demikian sehingga Ahdaf pun memanfaatkan wadah kompetisi dari ITS tersebut untuk mengeksplor hobi menulis yang telah dimilikinya sedari Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Dengan ditampungnya berbagai cerita kreatif dari laman blog ini, harapannya bisa memberikan inspirasi bagi pembaca untuk mengenal lebih dalam kampus tempat dimana kita menuntut  ilmu,” pungkasnya.  (*)

 

Reporter: Nayla Maisun Nur Aqila
Redaktur: Astri Nawwar Kusumaningtyas

Berita Terkait