ITS News

Jumat, 27 September 2024
25 Juni 2023, 11:06

Tim Robotika ITS Melejit Kencang ke Perempat Final KRI 2023

Oleh : itsgan | | Source : ITS Online

Nina dan Zifa, robot TIM Vi-Rose menunjukkan kehalusan tarian Gambang Semarang mereka di panggung tanding KRI 2023

Semarang, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menampakkan gejala sosok juara di Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023. Tim Robotika ITS berhasil mengamankan posisi di enam perempat final dengan tuntas. Tim yang lolos ke babak perempat final KRI diumumkan di Universitas Semarang (USM), Minggu (25/6), serempak dengan hari dilaksanakannya babak tersebut.

Tim Robotika ITS berhasil menampakkan diri dengan bangga di setiap kategori perlombaan KRI 2023. Pada KRI tahun ini terdiri dari tujuh kategor,  di mana tim ITS berhasil memberikan penampilan terbaiknya dan maju ke babak perempat final pagi ini. Para tim terlihat puas terhadap apa yang telah mereka berikan selama perlombaan. “Alhamdulillah, kami mampu memberikan yang terbaik,” ujar salah satu anggota tim Rival.

Perlombaan KRI kali ini dihelat di dua gedung berbeda. Pertama di Gedung Aula Utama USM menghadirkan tim Abinara-1 di kategori Kontes Robot SAR and Rescue Indonesia (KRSRI). Bersama robotnya yang bernama Narabot, tim Abinara-1 berhasil mengarungi arena dan menyelesaikan misi-misi penyelamatan yang telah ditentukan dalam waktu singkat. Terlaporkan bahwa tim Abinara-1 berhasil menyelesaikan arena hanya dengan 140 detik dari 300 detik yang diberikan.

Tim Robot Ichiro ITS (merah) bersiap menggocek lawan di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-H) KRI 2023

Adapun tim IRIS dan ICHIRO di kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda dan Humanoid (KRSBI-B dan KRSBI-H). tim IRIS dan ICHIRO terlihat melakukan dribble yang ciamik dalam menggerakkan robot mereka dan mengocek para robot lawan. Hal tersebut pun membuahkan hasil sehingga Tim IRIS pada ronde satu mendapat skor 0-0, dan ronde dua dengan skor 2-0. Sedangkan ICHIRO mendapatkan di ronde 1 mendapat skor  3- 0, dan ronde 2 mendapat skor 5-0 serta memasuki babak perempat final.

Sedangkan di gedung Gelanggang Olah Raga (GOR) Prof Sudarto SH tidak kalah serunya, tim Vi-Rose, Risen, dan RIVAL menunjukkan persaingan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Tim Risen di kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) tidak setengah-setengah dalam memberikan penampilan. Berhasil memasuki babak perempat final, skor tim tersebut berjarak jauh dari para lawan, yakni 110 dengan lawan 40 dan pada ronde dua yakni 90 dengan lawan 60.

Selanjutnya di kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), tim Vi-Rose memberikan tarian Gambang Semarang yang mulus. Dengan robotnya yang bernama Nina dan Zifa, tim Vi-Rose memukau juri dan penonton dengan alunan lagu Gambang Semarang yang biasa digunakan saat terdapat festival. “Dalam waktu empat menit Nina dan Zifa berhasil melaksanakan tarinya dari awal hingga selesai yang  lumayan memuaskan,” ujar anggota Tim Vi-Rose.

Di sisi lain, tim Rival mewakili ITS di Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Pada saat pertandingannya, tim Rival berhasil memenangkan perlawanan dengan tim Universitas Negeri Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, tim Rival memenangkan dua partai dalam babak penyisihan secara telak di kategori tersebut yang kemudian mengantarkan mereka ke babak perempat final.

Tim Resin saat melepaskan robot ABU mereka yakni Chewbacca ke arena tanding KRI 2023

Di GOR ini, tim BANYUBRAMANTA bertanding di kategori Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) yang memiliki sistem poin. Tim robot bawah air ITS tersebut telah melaksanakan gilirannya, kemarin. KRBAI sendiri menantang para robot untuk melewati garis finish di kolam renang tetapi harus berhadapan pada rintangan yang telah disiapkan. Tidak ada babak perempat final di kategori ini, sehingga takdir kejuaraan Tim BANYUBRAMANTA akan disebutkan di akhir perhelatan KRI bersamaan kategori lain.

Koordinator Pembina Tim KRI ITS Muhtadin ST MT menyebutkan secara keseluruhan Tim Robotika ITS dapat disebut telah memberikan hasil maksimal mereka. Meskipun terdapat lawan-lawan yang susah, tim sang juara bertahan tetap berusaha sekuat mereka mempertahankan gelar. “Besok para tim KRI ITS, akan menjalani babak perempat final dan jika lolos akan melanjutkan ke babak semifinal dan  final di hari yang sama,” tandas Muhtadin ketika diwawancarai usai semua tim bertanding, Sabtu (24/6). (*)

 

Reporter: Gandhi Kesuma
Redaktur: Muhammad Miftah Fakhrizal

Berita Terkait