ITS News

Jumat, 27 September 2024
18 Agustus 2023, 12:08

Perdana, Teknik Instrumentasi ITS Gelar Pameran Tugas Akhir 

Oleh : itsash | | Source : ITS Online

Sistem kontrol on/off flow dan temperatur pada mini plant pemurnian garam, salah satu produk yang dipamerkan dalam ajang Final Project Exhibition Departemen Teknik Instrumentasi

Kampus ITS, ITS News – Menjadi prodi yang identik dengan inovasi, Departemen Teknik Instrumentasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Pameran Tugas Akhir (TA) selama tiga hari berturut-turut, mulai Senin (14/8). Dalam upaya membagikan potensi inovatifnya kepada khalayak umum, gelaran ini menjadi yang pertama kali diadakan oleh departemen tersebut. 

Bertempat di selasar Departemen Teknik Instrumentasi, kepala Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Instrumentasi, Herdina Prasetya menyatakan bahwa pameran ini merupakan manifestasi nyata dari pemahaman mahasiswa tingkat akhir terhadap teknologi instrumentasi modern. “Totalnya, terdapat 66 karya mahasiswa yang turut dipresentasikan dalam pameran ini,” terangnya. 

Pameran yang dipandu oleh dosen koordinator TA, I Putu Eka Widya Pratama, S Si MSc RWTH ini telah berhasil memamerkan berbagai karya tugas akhir yang menakjubkan. Karya-karya ini mewakili hasil dedikasi dan upaya mereka selama perjalanan studi. Dari alat pengembangan sensor hingga sistem kontrol cerdas, pengunjung dapat menyaksikan berbagai bentuk teknologi inovatif yang siap mengubah paradigma industri.

Mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Dyah Ayu Retno saat mempresentasikan hasil karya inovasinya

Herdina melanjutkan, pameran ini tidak hanya bertujuan untuk mempublikasikan inovasi para mahasiswa, namun juga melatih soft skill mereka. Sesuai dengan tujuan di awal, mahasiswa teknik instrumentasi dituntut untuk menghasilkan karya inovasi sekaligus dapat menyampaikannya kepada masyarakat. “Lewat pameran inilah, kedua hal tersebut dapat dicapai secara bersamaan,” ungkap mahasiswa tahun ketiga tersebut. 

Pameran ini memiliki pendekatan unik, di mana semua mahasiswa tingkat akhir terlibat dan ikut memamerkan karyanya. Mereka akan menjelaskan latar belakang, cara kerja, hingga manfaat produknya kepada para pengunjung. Demonstrasi langsung pun akan dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai hasil karya tersebut. Produk-produk tersebut nantinya akan dipajang di pelataran Departemen Teknik Instrumentasi ITS.

Potret mahasiswa Departemen Teknik Instrumentasi saat mendemokan inovasi sistem diagnostik vehicle control unit miliknya

Pameran ini tidak hanya ditujukan kepada kalangan akademik, tetapi juga masyarakat umum yang memiliki minat terhadap teknologi dan inovasi. Para pengunjung tidak hanya berkesempatan melihat hasil karya, tetapi juga dapat berpartisipasi dalam demo langsung yang menunjukkan penerapan teknologi instrumentasi dalam situasi nyata. Inovasi-inovasi ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada para pengunjung. 

Meskipun menjadi yang pertama diadakan, Herdina mengaku senang melihat antusiasme pengunjung yang ada. Ia berharap agar masyarakat dapat lebih mengenal peran penting teknik instrumentasi dalam kemajuan teknologi dan industri. Di samping itu, pameran ini juga diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa untuk lebih berdedikasi dalam belajar dan mengembangkan kreativitas mereka dalam menghadapi tantangan teknologi masa depan. (*)

 

Reporter: Lathifah Sahda
Redaktur: Erchi Ad’ha Loyensya

Berita Terkait