ITS News

Sabtu, 28 September 2024
30 Agustus 2023, 14:08

ITS Dorong Talenta Manajemen Tendik Lewat TDP4S 2023

Oleh : itsric | | Source : ITS Online

(tengah berbatik) Prof Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng, (tengah baju hitam) Prof Dra Rachmah Ida MCom PhD, tim penyelenggara, dan segenap peserta pada penutupan TDP4S 2023, Selasa (22/8)

Kampus ITS, ITS News — Prestasi dan kinerja Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang unggul tidak lepas dari peran tenaga kependidikan (tendik). Untuk meningkatkan dan mendukung kualitas tendik ITS, Talent Development Program for Staff (TDP4S) 2023 hadir melalui serangkaian kegiatan bagi tendik yang ditutup dengan pelatihan kemampuan kepemimpinan, Selasa (22/8).

Kepala Seksi Pengembangan Talenta dan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Agus Budi Raharjo SKom MKom PhD, menjelaskan bahwa TDP4S bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan tendik dalam menyambut jabatan struktural dan fungsional yang kelak akan diemban. “Hal tersebut tentunya dapat terwujud lewat pengembangan kemampuan di bidang teknis, manajerial, dan inovasi kepemimpinan para peserta,” jelas Agus. 

Pelatihan yang dilaksanakan selama delapan hari itu tersusun melalui berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya membangun Can-Do culture, manajemen strategis, design thinking, hingga pembuatan revolusi keputusan dengan kecerdasan bisnis. Agus berkata, beragam materi yang disiapkan tersebut berguna bagi para tendik lantaran menyandang jabatan strategis dan fungsional yang lebih tinggi memiliki tanggung jawab besar.

Kepala Seksi Pengembangan Talenta dan Kapasitas Sumber Daya Manusia Agus Budi Raharjo SKom MKom PhD ketika memberikan panduan selama kegiatan TDP4S 2023

Pembicara yang hadir dalam acara berasal dari dosen praktisi dari dalam dan luar kampus, yang memiliki pengalaman nyata dalam bidang mereka. Adapun beberapa nama yang terlibat adalah Prof Ir I Nyoman Pujiawan MEng PhD CSCP, Naning Aranti Wessiani ST MM, Dr Maria Anityasari ST MEng, dan Prof Dra Rachmah Ida MCom PhD. “Prof Rachmah yang merupakan dosen praktisi di Universitas Airlangga memberikan pengetahuan dan pengalamannya mengenai kepemimpinan dan komunikasi,” bubuhnya. 

Demi mewujudkan tujuan dari kegiatan, para tendik dibekali pengetahuan tentang kepemimpinan teknis dari bidang-bidang direktorat dan unit kerja di struktur organisasi ITS. Dosen Departemen Teknik Informatika ITS tersebut menambahkan, pemahaman terkait kepemimpinan penting untuk mengetahui lingkup kerja dan problematika yang kerap dijumpai di masing-masing bidang direktorat di ITS.

Prof Dra Rachmah Ida MCom PhD ketika membawakan materi terkait konsep leadership innovation project yang menjadi penutup serangkaian pelatihan TDP4S

Selain itu, peserta akan diajak untuk memahami lebih dalam mengenai bidang yang akan dituju melalui studi kasus langsung dari tokoh yang telah berada di kursi jabatan tersebut. Studi kasus berlangsung lewat wawancara dengan narasumber terkait dan para tendik juga ditantang agar memberikan analisis sebab-akibat beserta solusi terhadap isu-isu yang dihadapi narasumber.

Agus berharap, kegiatan ini dapat melahirkan tendik yang berkapasitas dan memiliki kemampuan lebih untuk memegang tongkat kepemimpinan di direktorat dan unit kerja ITS. “Tentu besar harapan kegiatan ini dapat terus dikembangkan di bawah naungan University Leadership Development Center (ULDC) ITS dan tersedia bagi dosen ITS,” tutupnya bersemangat.(*)

Reporter: Ricardo Hokky Wibisono
Redaktur: Yanwa Evia Java

Berita Terkait