ITS News

Minggu, 01 September 2024
13 September 2023, 15:09

Dies Natalis ke-63 ITS Gelorakan Kontribusi untuk Kemajuan

Oleh : itsann | | Source : ITS Online

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng saat berikan sambutan dalam pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS

Kampus ITS, ITS News — Mengusung tema Towards Smart Society, Dies Natalis ke-63 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap lanjutkan langkah kontribusi nyata. Semangat ini terkobar lewat rangkaian upacara pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS yang digelar di Stadion ITS, Selasa (12/9) pagi. 

Diawali dengan pengibaran bendera Dies Natalis ke-63 ITS, kegiatan ini dilanjutkan dengan parade fakultas, dosen dan tenaga pendidik (tendik), serta tim riset ITS. Melalui parade ini, ditampilkan berbagai inovasi besutan sivitas akademika ITS yang menjadi simbol kontribusi Kampus Pahlawan. Tak hanya itu, disuguhkan pula flashmob mahasiswa serta penampilan apik marching band dari satuan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang menyemarakkan gelaran ini.

Tim Barunastra ITS sebagai salah satu kontingen parade inovasi dari tim riset ITS

Ketua Panitia Dies Natalis ke-63 ITS, Dr I Ketut Eddy Purnama ST MT mengungkapkan, tema dies natalis tahun ini menggambarkan tekad kuat ITS untuk terus berinovasi dan berdedikasi demi kemajuan peradaban. Dalam realisasinya, upaya ini dijalankan selaras dengan jargon ‘ITS Bergerak’. “Kebermanfaatan yang telah disebarkan selama 63 tahun akan kita teruskan dengan perjuangan yang lebih sehat, bersih, dan bahagia,” tutur Ketut.

Lebih lanjut, Ketut menyebutkan rangkaian dies natalis kali ini telah diawali dengan serangkaian kegiatan yang menunjukkan kontribusi ITS. Kegiatan tersebut meliputi penuangan ekoenzim, donor darah, hingga khitan massal. Bahkan, kegiatan bertajuk ITS Climate Action yang berkolaborasi dengan Gerigi ITS 2023 berhasil meraih Rekor MURI. “Rekor ini diraih atas peserta terbanyak yang berkontribusi membersihkan lingkungan,” ujarnya.

Rektor ITS terima piagam MURI atas aksi ITS Climate Action sebagai pra-kegiatan Dies Natalis ITS ke-63 yang berkolaborasi dengan Gerigi ITS 2023

Dalam gelaran ini, diluncurkan pula maskot Dies Natalis ITS ke-63, yakni Robot Amazing Competency (AMICO) oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng. Simbolisasi maskot ini merupakan gambaran kesiapan ITS untuk mengusung lebih banyak inovasi guna memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

Robot Amazing Competency (AMICO), maskot Dies Natalis ke-63 ITS

Robot AMICO dihadirkan berbentuk bola dengan tiga tampilan utama. Tampilan tersebut terdiri dari teratai, hati, dan simpul tali tak berujung. Lelaki yang kerap disapa Ashari tersebut memaparkan, teratai melambangkan ITS akan bergerak lebih bersih, sedangkan hati melambangkan ITS bergerak lebih sehat. Terakhir, simpul tali melambangkan ITS yang ditargetkan untuk terus bergerak lebih bahagia dalam melahirkan lebih banyak inovasi untuk Indonesia.

Di akhir sambutannya, Guru Besar Teknik Elektro ITS berpesan agar semua elemen di ITS dapat berpartisipasi aktif dalam menyemarakkan gelaran tahunan ini. Ashari berharap penuh gelaran ini dapat menguatkan realisasi misi ITS sebagai wadah perjuangan para inovator kebanggaan bangsa. “Demikian, manfaat yang dapat diberikan akan lebih maksimal pula,” pungkasnya.

Tak hanya itu, perlu diketahui juga, dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-63 ITS akan digelar berbagai kegiatan menarik selama dua bulan ke depan. Antara lain ITS Sportainment, Pasar Juang ITS, pameran Tennovex, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Acara puncak sekaligus acara penutup Dies Natalis ke-63 ITS ini sendiri akan dihelat pada 10 November 2023 mendatang. (*)

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani 

Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait