ITS News

Sabtu, 28 September 2024
17 September 2023, 19:09

Arak-Arakan Wisudawan Warnai Wisuda ke-128 ITS

Oleh : itsann | | Source : ITS Online

Rombongan wisudawan Departemen Teknik Fisika pada arak-arakan hari kedua Wisuda ke-128 ITS

Kampus ITS, ITS News — Arak-arakan wisudawan kembali ambil bagian dalam meriahnya perayaan Wisuda ke-128 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tradisi pelepasan wisudawan penuh sukacita khas Kampus Pahlawan ini berlangsung dua hari mulai Sabtu, (16/9), yang diwakili tiap departemen di beberapa fakultas.

Usai melewati serangkaian prosesi wisuda di Graha Sepuluh Nopember, para wisudawan dijemput oleh himpunan mahasiswa departemen untuk diarak menuju gedung departemen masing-masing. Tak hanya konvoi motor, truk militer, hingga odong-odong, arak-arakan ini juga diisi dengan pengibaran bendera himpunan serta seruan nyanyian mars dan Vivat ITS.  Raut bangga dan sumringah para wisudawan turut menghiasi kegiatan ini.

Rombongan wisudawan dari salah satu departemen yang menaiki odong-odong di arak-arakan Wisuda ke-128 ITS

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS (BEM FTIRS), Thariq Salman Daffa mengatakan, tradisi ini juga menjadi bentuk penghormatan atas keberhasilan wisudawan melewati perjuangan masa kuliah. Layaknya napak tilas, arak-arakan ini juga diharapkan membangkitkan memori perjalanan empat tahun wisudawan saat melewati jalan di kampus ITS.

Ditekankan pula bahwa arak-arakan ini bukan hanya sekadar konvoi motor dan parade semata, tetapi juga merupakan simbolik dari persatuan dan kebanggaan seluruh komunitas kampus. Melalui acara ini, mereka merayakan pencapaian bersama, dan semoga melalui ingatan mereka tentang perjalanan ini. “Para wisudawan diharapkan siap menghadapi tantangan di masa depan dengan keyakinan yang sama,” papar Salman, panggilan karibnya. 

Iring-iringan mobil yang membawa para wisudawan

Ia turut membagikan bahwa pada arak-arakan tahun ini setiap jurusan dibatasi untuk menggunakan 40 motor saja. Menurutnya, kebijakan ini diimplementasikan sebagai langkah preventif yang bertujuan untuk menjaga kelancaran acara serta memastikan terjaganya ketertiban selama perayaan ini berlangsung. “Selain itu, upaya pengamanan dan pengawalan acara telah berhasil dijalankan dengan presisi oleh Satuan Keamanan Kampus (SKK),” ucapnya.

Terkait persiapan, mahasiswa dari Departemen Teknik Fisika ini menyebut para mahasiswa ITS telah mengabdikan waktu mereka selama sekitar tiga minggu untuk mempersiapkan segala sesuatu. Persiapan ini mencakup koordinasi yang cermat dengan BEM Institut, sinergi dengan himpunan, serta penerapan aturan dan panduan yang telah ditetapkan oleh SKK terkait pelaksanaan arak-arakan yang begitu dinantikan.

Senyum sumringah wisudawan saat mengikuti arak-arakan wisuda

Mengakhiri tuturannya, Salman mengutarakan kebanggaan serta kebahagiaannya atas meriahnya penutup kisah masa perjuangan kehidupan kampus para wisudawan di Wisuda ke-128 ini. Ia berharap para wisudawan dapat menjalankan kehidupan pasca kampus dengan baik dan dapat bermanfaat penuh bagi masyarakat. “Sukses selalu untuk seluruh wisudawan, doa terbaik kami selalu menyertai,” tutupnya. (*)

 

Reporter: Shafa Annisa Ramadhani
Redaktur: Fauzan Fakhrizal Azmi

Berita Terkait