ITS News

Jumat, 27 September 2024
26 Oktober 2023, 17:10

Benua Hitam, Sarana Kenalkan Tradisi Juara FTSPK ITS

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
Benua Hitam

Presidium Benua Hitam yang menampilkan enam bendera himpunan departemen FTSPK ITS

Kampus ITS, ITS News — Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar acara pengenalan fakultas perdananya yaitu Benua Hitam. Mengusung tema Semangat Untuk Pertahankan Tradisi Juara, acara ini menjadi ajang pengenalan dan menanamkan nilai tradisi juara yang menjadi identitas diri FTSPK.

Berlangsung pada Sabtu (21/10), Ketua Acara Benua Hitam, Prada Putra Pamungkas mengungkapkan bahwa mahasiswa baru merupakan generasi yang menjadi penyambung tongkat estafet nasib FTSPK ITS. Pasalnya, setelah empat tahun terbentuk, fakultas yang berisi enam departemen ini telah menorehkan banyak prestasi baik akademik maupun non akademik.

Bagi fakultas yang memiliki identitas warna hitam ini, tradisi juara menjadi nilai yang tak hanya terbatas pada kejuaraan saja, tapi juga bagaimana peran para mahasiswa FTSPK dalam menyumbang kontribusi di setiap aktivitas positif kemahasiswaan di ITS. “Benua Hitam jadi momen  untuk menyatukan jiwa wujudkan moto kita yaitu be champion is our tradition,” ucapnya

Peserta Benua Hitam

Potret salah satu kelompok Benua Hitam bersama panitia pendamping

Sejalan dengan Prada, Ketua Divisi Acara Benua Hitam, Belinda Aprilia menuturkan, untuk meneruskan tradisi juara diperlukan solidaritas yang kuat. Maka dari itu, kegiatan solidaritas yang telah direncanakan sebulan yang lalu ini semoga dapat membentuk karakter para mahasiswa baru FTSPK. “Kami ingin setelah kegiatan ini, para mahasiswa baru mempunyai sense of belonging yaitu perasaan memiliki dan mencintai fakultasnya,” ucapnya. 

Untuk mencapai tujuan tersebut BEM FTSPK memberikan pengenalan berupa materi historis dengan mengenalkan sejarah terbentuknya fakultas. Dengan dasar-dasar materi inilah diharapkan mereka akan memiliki bekal tambahan untuk memasuki Keluarga Mahasiswa (KM ITS) di masa depan.

Kegiatan safari benua hitam

Kegiatan safari dengan mengunjungi setiap departemen FTSPK

Selain itu, acara ini mengajak para peserta untuk bersafari mengelilingi FTSPK. Diharapkan dalam kegiatan ini nantinya mereka dapat berbaur dengan mengenal  antar-sesama serta lingkungan di FTSPK. Tak lupa mereka juga dikenalkan budaya tradisi Juara FTSPK dari segi prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh berbagai departemen di fakultas tersebut.

Sebagai penutup sekaligus puncak acara Benua Hitam, mahasiswa baru mempersembahkan yel-yel terbaik di setiap departemennya. Yel-yel tersebut menjadi simbol semangat para peserta untuk merayakan penyambutan dan siap meneruskan tradisi juara yang ada di FTSPK.

Menurut Belinda, meskipun FTSPK baru pertama kali mengadakan Benua Hitam, tetapi antusiasme dari hampir 800 mahasiswa baru FTSPK ITS ini sangat luar biasa. Terlihat dari siang sampai sore, mereka semangat menjalankan setiap kegiatannya dengan penuh antusias. “Oleh karena itu, kami berkomitmen mengadakan acara Benua Hitam secara konsisten setiap tahunnya sebagai sarana memperkenalkan fakultas,” imbuh mahasiswi Arsitektur ITS ini. (*)

 

Reporter : ion24
Redaktur : Fatima Az Zahra

Berita Terkait