ITS News

Jumat, 27 September 2024
05 November 2023, 22:11

Sambut IDO 2023, Despro ITS Gelar Lokakarya Ide Desain

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online
Gambar pembicara lokakarya IDO membuka sesi materi

Pembicara lokakarya Tips Lolos Olimpiade Desain Produk Nasional di Design Olympiad (IDO) 2023, Kartika Amalia membuka sesi materi

Kampus ITS, ITS NewsDepartemen Desain Produk (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar lokakarya Tips Lolos Olimpiade Desain Produk Nasional. Menjadi bagian dari rangkaian acara Industrial Design Olympiad (IDO) 2023, lokakarya ini memberikan bekal bagi para peserta yang akan memperebutkan golden tiket Despro ITS.

Berbeda dari tahun sebelumnya, IDO 2023 menghadirkan cabang perlombaan baru, yaitu Appliance Design Competition. Appliance design sendiri adalah kategori lomba untuk mendesain perangkat atau peralatan dengan fungsi tertentu, biasanya berupa alat rumah tangga. Sebagai tahun pertama peluncurannya, cabang lomba ini mengangkat tema Bedside Lamp: Nature Inspired Functionality.

Salah satu pembicara, Kartika Amalia, membagikan tips dan trik bagi peserta dalam mencari dan merealisasikan ide desain lampu tidur yang terinspirasi dari alam. Ia menekankan, poin utama yang perlu diperhatikan adalah desain elemen alam berupa bentuk, pola, maupun tekstur. Proses riset dan eksplorasi ini dapat diresapi dari kehidupan sehari-hari ataupun dengan bantuan laman visual, seperti Pinterest dan Instagram.

Kartika Amalia menjelaskan tahapan ideasi

Kartika Amalia menjelaskan tahapan ideasi

Tak cukup hanya dengan mencari inspirasi, Kartika meyakini bahwa manusia memiliki batasan dalam membayangkan ide. Oleh karena itu, perolehan ide harus dituangkan dalam bentuk gambar yang prosesnya dikenal dengan ideasi. “Ideasi menjadi langkah awal desain sebelum desain tersebut dieksekusi lebih rinci lagi,” terang Kartika. 

Lebih lanjut, Mahasiswa angkatan 2022 ini memaparkan, ideasi bentuk atau pola yang terinspirasi dari alam ke dalam desain produk perlu diperhatikan. Keterampilan yang harus ditonjolkan adalah cara mengabadikan keunikan pola alam tanpa mengurangi atau menghambat fungsional dari produk itu sendiri. “Desain harus bisa merepresentasikan inspirasi yang digunakan,” tuturnya.

Apabila penggambaran ide sudah selesai, imbuh Kartika, hasilnya kemudian dieksekusi melalui tahap rendering atau pewarnaan. Proses ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih spesifik terhadap desain konsep. Proses pewarnaan juga dapat membantu menciptakan tampilan produk yang lebih menarik dan fungsional. “Pewarnaan dapat memberikan informasi tambahan bagaimana bentuk produk seharusnya terlihat,” terang Kartika.

Menutup sesi materi, Kartika berharap lokakarya ini dapat membantu calon peserta mendapat gambaran terkait cabang perlombaan Appliances Design Competition di IDO 2023. Ia pun mengingatkan bahwa IDO 2023 memiliki lima kategori lomba lainnya di bidang desain perhiasan, furnitur, transportasi, tas, dan footwear. Ini salah satu kesempatan kalian untuk menjadi mahasiswa Despro ITS tanpa seleksi,” ujarnya memotivasi. (*)

 

Reporter: Ion13
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait