ITS News

Jumat, 27 September 2024
13 November 2023, 15:11

Abmas ITS Kembangkan Situs Web Sekolah di Lamongan

Oleh : itsfi | | Source : ITS Online
Para guru MTs I'anatut Tholibin saat sosialisasi penggunaan website

Para guru MTs I’anatut Tholibin saat sosialisasi penggunaan situs web ianatuttholibin.sch.id

Kampus ITS, ITS News – Situs web merupakan salah satu landasan suatu institusi pendidikan untuk menarik perhatian masyarakat. Berangkat dari hal tersebut,  tim Pengabdian Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berupaya mengembangkan situs web Madrasah Tsanawiyah (MTs) I’anatut Tholibin, Lamongan.

Ketua tim Abmas ITS, Muhammad Yusuf Hakim Widianto SSi MSi MSc PhD mengungkapkan bahwa keberadaan situs web sekolah memiliki banyak fungsi penting. Tidak hanya sekadar daya tarik visual, situs web dapat menjadi jembatan strategis untuk meningkatkan kerja sama, memfasilitasi pendaftaran peserta didik baru, dan meningkatkan citra serta kredibilitas MTs I’anatut Tholibin.

Lebih lanjut, situs web ini merupakan wadah publikasi yang dirancang untuk memberikan layanan manajemen pengelolaan dan informasi yang resmi,  akurat, dan dapat diakses kapan saja. “Tujuannya bukan sekadar memenuhi kebutuhan sekolah, tetapi juga memberikan pengalaman interaktif kepada masyarakat luas,” tutur lelaki yang akrab disapa Yusuf ini.

Potret halaman utama website ianatuttholibin.sch.id

Potret halaman utama situs web ianatuttholibin.sch.id

Selama proses pengembangan situs web MTs I’anatut Tholibin, tim Abmas ITS melakukan beberapa tahapan penting, yakni proses pengembangan, sosialisasi, dan pemeliharaan. Pada proses pengembangan, tim Abmas melakukan survei dan wawancara untuk memahami kebutuhan mitra dari aspek fungsional dan non-fungsional. “Dengan begitu, situs web dapat memberikan manfaat yang optimal,” jelas dosen Departemen Matematika ini.

Setelah mengetahui kebutuhan mitra, tim Abmas ITS memulai implementasi pembuatan sistem. Pengerjaan sistem situs web ini mengadopsi metode waterfall sehingga situs dapat dikembangkan dengan alur kerja sistematis dan terdefinisi dengan baik. Saat website siap digunakan, tim melakukan uji coba sistem kepada mitra. “Hal ini untuk memastikan website berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Tim Abmas ITS bersama para guru saat sosialisasi penggunaan website ianatuttholibin.sch.id

Tim Abmas ITS bersama para guru saat sosialisasi penggunaan situs web ianatuttholibin.sch.id

Tahapan selanjutnya setelah situs web  MTs I’anatut Tholibin yang berdomain ianatuttholibin.sch.id dapat diakses oleh publik, tim Abmas melakukan sosialisasi melalui pelatihan pengoperasian situs web kepada pihak-pihak terkait. “Terakhir, kami akan melakukan pemeliharaan situs web secara berkala untuk terus menyempurnakan situs web agar dapat beroperasi dengan baik,” tutupnya. (*)

Reporter: Thariq Agfi Hermawan
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait