ITS News

Jumat, 27 September 2024
28 November 2023, 17:11

Kembali Berjaya, Karate ITS Gemilang di Kejuaraan FOKI

Oleh : itssil | | Source : ITS Online
Penobatan pemenang FOKI

UKM Karate-Do ITS saat menjuarai kejuaraan FOKI tingkat nasional di Tuban

Kampus ITS, ITS News – Kembali menorehkan prestasi di bidang seni bela diri, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate-Do Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bawa pulang juara. Unit Federasi Olahraga Karate Indonesia (FOKI) menjadi ladang ITS meraih 15 medali tingkat nasional di Tuban, 12 November lalu.

Ketua Umum UKM Karate-Do ITS, Fauzan Arifandi menyebutkan bahwa terdapat 15 medali yang berhasil mereka bawa pulang terdiri dari tujuh medali emas, lima medali perak, dan tiga medali perunggu. Kategori perlombaan yang diikuti antara lain Kata Beregu Senior Putra, Open Kumite Perorangan Senior Putra, Kumite Perorangan Senior Putri, Festival Kumite Perorangan Senior Putra, dan Festival Kata Perorangan Senior Putra.

Lebih lanjut, Fauzan menjelaskan, terdapat empat tahapan dalam perlombaan ini. Selama proses seleksi, lawan pertandingan ditentukan melalui undian 16 bagan yang dilakukan oleh panitia. Terdapat pula ketentuan kategori berat badan dalam penentuan bagan perlombaan. “Perlombaan ini dikhususkan untuk kategori senior yakni di atas 19 tahun dan menggunakan sistem gugur,” terangnya.

Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras para karateka yang Fauzan  berlatih dua kali dalam seminggu dan menjadi lebih intensif dua minggu mendekati perlombaan. Apabila tidak sempat berlatih, Fauzan akan mengajak teman-temannya untuk berlari. “Tujuannya agar stamina terjaga sehingga mencegah kelelahan kopi saat pertandingan,” paparnya.

pergulatan karate

Fauzan Arifandi saat bergulat Karate pada pertandingan nasional FOKI 2023

Kendati demikian, Fauzan dan teman-temannya juga acapkali terkendala saat berlatih. Pasalnya, mereka kesulitan dalam ruang berlatih dan peralatan khususnya matras. “Padahal matras sangat penting dalam menunjang latihan untuk mencegah kesakitan saat berlatih,” terang mahasiswa semester angkatan 2021 itu. 

Dengan raihan prestasi ini, Fauzan berharap UKM)Karate-Do ITS mendapat citra positif di kalangan mahasiswa ITS sehingga menarik minat mahasiswa ITS untuk bergabung. Dengan demikian, diharapkan regenerasi Karate ITS dapat terus berlangsung dan menghasilkan jumlah sumber daya manusia yang optimal untuk masa depan.     

Pembina UKM Karate ITS, Dr Eng Kriyo Sambodho ST menyambut pencapaian gemilang ini . Sebagai seorang akademisi di kampus teknik, beliau menekankan pentingnya dukungan untuk mahasiswa mencapai prestasi di luar ranah akademik, terutama dalam bidang olahraga. “Hal ini memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya identik dengan proses pembelajaran, tetapi juga tetap berkreasi,” ucapnya.

Dosen yang akrab disapa Dhodot ini berharap Karate ITS dapat lebih berkembang dengan bantuan berbagai pihak, baik dari alumni maupun sivitas akademika ITS. “Semoga dengan adanya prestasi ini UKM Karate-Do ITS terus membuahkan prestasi khususnya pada turnamen mendatang,” tutupnya berpesan. (*)

 

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Nurul Lathifah

                                                                                           

Berita Terkait