ITS News

Sabtu, 28 September 2024
06 Desember 2023, 20:12

ITS Hadirkan Pendiri SEVIMA untuk Berbagi Kiat Berwirausaha

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online
Sugianto Halim SKom MKom saat memberikan kuliah

Sugianto Halim SKom MKom saat membagikan ilmunya pada Kuliah Tamu di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS Surabaya

Kampus ITS, ITS News — Wirausaha memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut dorong mahasiswanya untuk berwirausaha melalui kuliah tamu di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS Surabaya, Selasa (5/12).

Kegiatan ini menghadirkan Sugianto Halim SKom MKom yang merupakan pendiri PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA), perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan. Dalam kuliah tamu yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa Indonesia dan Singapura tersebut, Halim menyampaikan tiga tip dalam memulai usaha di era digital seperti sekarang. 

Tip pertama adalah dengan merumuskan usaha yang menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat. Konsep ini biasa dikenal sebagai Problem-Solution Fit, yaitu pengusaha menyediakan solusi kepada masyarakat dan dibeli untuk mengatasi permasalahannya. “Contoh sederhananya adalah menjual minuman dingin di tempat yang cuacanya panas dan menawarkan bakso hangat di lokasi yang dingin,” ungkap pria yang akrab disapa Halim.

Sugianto Halim SKom MKom bersama para peserta Kuliah TamuSugianto Halim SKom MKom (dua dari kiri) bersama para peserta Kuliah Tamu yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS

Tip kedua, menurutnya pengusaha harus berkolaborasi dengan pembeli dan pengguna produk. Hal itu guna berdiskusi dan mendengarkan pendapat pembeli mengenai kecocokan produk yang mereka butuhkan sebelum ditawarkan. “Di era digital ini kita bisa memanfaatkan media online untuk berkolaborasi dan mengetahui kebutuhan konsumen,” jelasnya.

Tip ketiga dengan memanfaatkan strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Menurut Halim, pembeli tidak hanya berperan sebagai sumber pendapatan, tetapi juga sebagai media promosi paling ampuh. Saat para pembeli puas dengan produk yang diperoleh, mereka akan berpotensi membagikan kepuasannya kepada kenalannya. “Oleh karena itu, meskipun di era digital para pengusaha harus tetap memanfaatkan strategi pemasaran ini,” tuturnya.

Pada akhir kuliahnya, Halim menekankan bahwa suatu bisnis harus berfokus pada customer success. Artinya, pengusaha harus memastikan bahwa pelanggan memperoleh hasil yang diinginkannya dengan produk atau layanan yang dibelinya. Hal ini pula yang diterapkan olehnya di SEVIMA sejak 20 tahun yang lalu. “Berkembangnya SEVIMA hingga saat ini adalah berkat dukungan dari para pelanggan yang merasa puas,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait