ITS News

Minggu, 30 Juni 2024
28 Juni 2024, 07:06

Tingkatkan Kesadaran Keamanan Laut Indonesia Lewat Ocean Talk 2024

Oleh : itsbil | | Source : ITS Online
Prof Herman Pratikno ST MT PhD (kiri), Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik MTr Hanla MM MHan (tengah), dan ketua pelaksana OCEANO Athallah Rafif (kanan) saat berfoto bersama dengan peserta Ocean Talk

Prof Herman Pratikno ST MT PhD (kiri), Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik MTr Hanla MM MHan (tengah), dan ketua pelaksana OCEANO Athallah Rafif (kanan) saat berfoto bersama dengan peserta Ocean Talk 2024

Kampus ITS, ITS News — Departemen Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali hadirkan Ocean Talk 2024. Acara yang diselenggarakan di Gedung Pasca Sarjana ini, membahas terkait pentingnya keamanan laut Indonesia di era terpusatnya kedaulatan darat pada Jumat (21/6). 

Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada mahasiswa terkait pentingnya sektor pertahanan maritim. Dengan mengusung tema Enhancing Maritime Security for Sustainable Development, kegiatan ini memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada mahasiswa terkait penjagaan keamanan laut di Indonesia. 

Dihadiri Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik MTr Hanla MM MHan, ia mengatakan keamanan laut berarti bahwa laut dapat dimanfaatkan dengan aman serta didukung dengan penegakan hukum yang kuat. Hal itu mencakup perlindungan terhadap ancaman yang ada di wilayah laut. “Laut sejatinya merupakan pusat kekayaan sumber daya alam, penghubung pulau-pulau, dan pemersatu bangsa,” ungkapnya.

Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik MTr Hanla MM MHan

Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik MTr Hanla MM MHan saat mennyampaikan materi keamanan laut pada kegiatan Ocean Talks 2024

Dengan besarnya peran laut bagi Indonesia, maka keamanan tersebut harus dijamin dan dibagi menjadi empat kategori. Kategori pertama yaitu laut aman dari kekerasan. Hal ini diartikan dengan tidak adanya kekuatan senjata yang terorganisir untuk mengganggu atau membahayakan kedaulatan laut Indonesia. “Aktivitas perompakan, sabotase objek vital, dan aksi teror di laut perlu untuk dituntaskan,” tambahnya. 

Lebih lanjut, Taufik menyebutkan jika kategori kedua adalah laut aman dari sumber daya laut. Artinya tidak ada tindakan yang merusak ekosistem laut maupun konflik dalam pengelolaan sumber daya laut. Apabila tidak ada pengawasan yang ketat di daerah perbatasan laut, maka politisasi sumber daya laut rentan terjadi. Hal ini mendorong adanya gesekkan kekuatan militer antar negara yang terlibat konflik.

Kepala Departemen Teknik Kelautan ITS Prof Herman Praktikno ST MT PhD saat menyampaikan sambutannya di Ocean Talk 2024Kepala Departemen Teknik Kelautan ITS Prof Herman Praktikno ST MT PhD saat menyampaikan sambutannya di Ocean Talk 2024

Selain itu, Ia mengungkapkan kategori berikutnya adalah laut aman dari navigasi. Bermakna bahwa sarana prasarana penunjang pelayaran, seperti menara suar ataupun sistem perambuan harus lengkap. Sedangkan kategori terakhir yaitu laut aman dari pelanggaran hukum. “Keamanan laut berpangku pada penegakkan hukum nasional maupun internasional terkait wilayah perairan,” ungkap pria asal Pekalongan itu. 

Mendukung acara Ocean Talk 2024 ini, kepala Departemen Teknik Kelautan, Prof Herman Pratikno ST MT Phd pun berharap mahasiswa mampu untuk memahami keamanan laut di Indonesia. “Lebih dari itu, semoga mahasiswa nantinya mampu membuat berbagai inovasi guna membantu sistem penjagaan keamanan laut Indonesia,” tutupnya penuh harap. (*)

Reporter: Nabila Hisanah Yusri
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait