ITS News

Minggu, 30 Juni 2024
27 Juni 2024, 19:06

ITS Bahas Pengendalian Lumpur Lapindo dari Sisi Geohidrologi

Oleh : itszik | | Source : ITS Online
Gambar Ir Isgiyanto MT saat menjelaskan di webinar DTIS ITS

Ahli Madya Sumber Daya Air di Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Ir Isgiyanto MT saat menjelaskan peta wilayah kerja PPLS

Kampus ITS, ITS News — Luapan lumpur Lapindo yang tak kunjung usai  menggerakkan berbagai pihak untuk mengambil aksi pengendalian bencana. Asah kompetensi di bidang strategi infrastruktur mitigasi, Departemen Teknik Infraktruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (DTIS ITS) gelar webinar yang mengangkat pengendalian bencana lumpur Lapindo dari sisi geohidrologi, Selasa (25/6).

Ahli Madya Sumber Daya Air di Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Ir Isgiyanto MT menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk mencegah perluasan luapan lumpur Lapindo adalah dengan melakukan pencairan. Hal ini, tutur Isgiyanto, dilakukan dengan cara mengambil sebagian lumpur dari waduk lumpur untuk diolah dan dikurangi kekentalannya. “Lumpur diolah hingga kandungan air mencapai 80 persen,” jelasnya.

Apabila sudah memenuhi baku mutu, lumpur dialirkan ke sungai di sekitar waduk, yakni Sungai Porong. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan di dalam waduk lumpur Lapindo. “Tekanan yang tinggi dapat menyebabkan pergerakan lumpur yang lebih tidak terkendali,” terang Isgiyanto.

Gambar Dr Handoko Teguh Wibowo ST MT saat pemaparan di webinar DTIS ITS

Perwakilan Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Dr Handoko Teguh Wibowo ST MT saat memaparkan video luapan lumpur lapindo pada tahun 2006 dan 2022

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa pengaliran ini dilakukan agar tanggul-tanggul di sekitar waduk lumpur Sidoarjo tidak jebol. Dengan strategi ini, semburan lumpur yang meluap setiap harinya tidak meluas karena volume lumpur yang masuk menempati volume lumpur yang dicairkan. “Apabila kita bisa pelihara pengaliran ini, keseimbangan luapan lumpur dapat dijaga,” tutur alumnus magister di Institut Teknologi Bandung itu.

Tak hanya menerapkan metode pencairan, penguatan tanggul sekitar waduk lumpur juga menjadi upaya PPLS dalam menjaga area terdampak lumpur Lapindo. Saat ini, tanggul sepanjang sebelas kilometer yang melingkari waduk lumpur itu masih sering mengalami beberapa permasalahan, seperti abrasi, rembesan, serta deformasi. Maka dari itu, tim pengendalian tersebut melakukan penguatan dari hulu ke hilir tanggul dengan sejumlah metode perbaikan.

Mengamini pentingnya penguatan tanggul, Perwakilan Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Dr Handoko Teguh Wibowo ST MT, menyatakan bahwa terdapat sesar di area tanggul. Hal ini memungkinkan terjadinya patahan atau lipatan pada struktur geologi tanggul. Akibatnya, tanah di sekitar tanggul mengalami keretakan secara konsisten.  “Ini adalah salah satu bukti bahwa tanggul ini bisa mengalami pergeseran hingga sejauh 20 meter” ucapnya.

Handoko pun melanjutkan bahwa mitigasi yang telah dilakukan selama 18 tahun ini terbukti menciptakan sistem manajemen yang baik. Para peneliti dan praktisi yang berbondong-bondong datang ke lokasi lumpur pun membantu memberikan solusi. Maka dari itu, dirinya pun mengajak DTIS ITS untuk turut serta berpartisipasi membantu permasalahan ini. “Kita nggak tau kapan luapan lumpur Lapindo akan berhenti, sehingga itu menjadi tantangan bagi insinyur infrastruktur dalam mencari sarana pengendalian pergerakan dan penyebarannya,” tutup Handoko. (*)

 

Reporter: Muhammad Aulia Zikra
Redaktur: Difa Khoirunisa

Berita Terkait