ITS News

Minggu, 21 Juli 2024
21 Juli 2024, 15:07

KKN Abmas ITS Ciptakan WebGIS untuk Mendukung UMKM

Oleh : itssal | | Source : ITS Online
Gambar tim KKN Abmas ITS

Eka Salma Salsabilla (paling kanan) bersama rekan tim KKN Abmas ITS yang mengembangkan Website Geography Information System (WebGIS)

Kampus ITS, ITS News —  Tingkatkan perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ciptakan Website Geography Information System (WebGIS). Laman tersebut menampilkan persebaran UMKM di bidang makanan dan minuman di Kelurahan Gebang Putih.

Dosen pembimbing kegiatan ini, Agung Budi Cahyono ST MSc DEA mengungkapkan bahwa banyak pelaku UMKM di Gebang Putih belum memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produknya. Hal ini disebabkan oleh kesulitan dalam mendaftarkan produk mereka secara online yang berdampak pada rendahnya promosi produk UMKM kepada masyarakat. “Ini menjadi upaya dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM,” ungkapnya. 

Berangkat dari permasalahan tersebut, tim ini menyusun website berbasis lokasi atau WebGIS untuk meningkatkan promosi produk UMKM dengan alamat laman umkmgebang.my.id. Pada laman tersebut memiliki desain yang sederhana, memudahkan pengguna untuk melihat persebaran lokasi penjualan makanan dan minuman terdekat. “Tampilan peta persebaran lokasi ini menjadi keunggulan di website dari pada aplikasi,” tutur Agung.

Gambar tampilan antarmuka pengguna WebGIS

Tampilan awal laman WebGIS yang menampilkan persebaran UMKM di bidang makanan dan minuman di Kelurahan Gebang Putih

Tak hanya memfasilitasi tampilan peta, WebGIS ini juga menawarkan fitur pendaftaran UMKM yang belum terdata pada website. Dengan memasukkan nama UMKM, menu dan harga produk, foto produk, alamat penjualan, serta foto lokasi penjualan dapat otomatis terdaftar pada laman tersebut. Didapatkan total UMKM terdaftar pada website sebanyak 51 produk UMKM di Gebang Putih. 

Ketua tim KKN Abmas, Eka Salma Salsabilla mengungkapkan bahwa dalam proses pengembangan WebGIS dimulai dengan survei terkait kondisi eksisting UMKM yang turut melibatkan pihak Kelurahan Gebang Putih. Langkah ini guna mendapatkan data yang lengkap dan akurat sebagai acuan data primer pada website yang disusun. “Tahap akhir juga dilakukan uji unit, uji integrasi, dan uji sistem,” tambah mahasiswa yang kerap disapa Salma itu.

Tampilan peta persebaran UMKM di Gebang Putih pada WebGIS umkmgebang.my.id

Setelah melalui proses tersebut, hasil uji menunjukkan bahwa mayoritas pengguna, terutama mahasiswa, merasa puas dengan kemudahan akses, kelengkapan fitur, dan keakuratan informasi pada laman tersebut. Selain itu, website ini dipercaya dapat membantu meningkatkan ekonomi bagi pelaku UMKM. “Kami akan meningkatkan respon, kinerja, dan fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan pengguna nantinya,” tambahnya. 

Empat bulan berjalan, luaran yang diperoleh tim yang terdiri dari lima mahasiswa Departemen Teknik Geomatika ITS ini dapat diterapkan pada UMKM wilayah lain di Surabaya. Di samping itu, Salma berharap adanya situs WebGIS menjadi sarana implementasi keilmuan Teknik Geomatika. “Selaras dengan tujuan departemen agar ilmu dapat bermanfaat dan dikenal masyarakat,” tutupnya penuh harap. (*)

 

Reporter: Aghnia Tias Salsabila
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait