ITS News

Minggu, 28 Juli 2024
28 Juli 2024, 18:07

Mandrakanta 2024, Unjuk Kreativitas Mahasiswa Desain Interior ITS

Oleh : itsiky | | Source : ITS Online
gambar pengunjung mandrakanta 2024

Para pengunjung Mandrakanta 2024 saat menikmati suasana pameran DI-102 Departemen Desain Interior ITS

Kampus ITS, ITS News – Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar pameran tugas besar konsep perancangan dan desain tata ruangan, Sabtu (27/7). Tampilkan lebih dari seratus karya apik mahasiswa, acara bertajuk Mandrakanta 2024 ini bertujuan mengenalkan desain interior di ITS lebih dalam kepada masyarakat umum.

Project Officer Mandrakanta 2024, Taqiyyatu Hanun Nuha menjelaskan bahwa Mandrakanta merupakan pameran tugas besar yang diselenggarakan oleh mahasiswa tahun pertama Departemen Desain Interior ITS. Event tahunan ini bertujuan mengenalkan Departemen Desain Interior ITS kepada khalayak umum. 

Hanun mengungkapkan bahwa helatan ini menghadirkan inspirative tour dan interior design community untuk menambah pendalaman publik mengenai desain interior. Dalam sesi inspirative tour, para mahasiswa akan memaparkan masing-masing karya mereka kepada para pengunjung. “Pemaparan ini tentunya menggunakan pendekatan yang mudah dipahami,” ungkap perempuan yang disapa Hanun tersebut.

Gambar Pengunjung Mandrakanta dan Panitia

Salah satu Mahasiswa Desain Interior ITS 2023 saat menjelaskan salah satu maket ruangan kepada pengunjung

Lebih lanjut, Mandrakanta 2024 juga menghadirkan lokakarya interaktif mengenai salah satu tugas yang ada dalam mata kuliah dasar desain interior. Dalam kegiatan ini, para peserta nantinya akan diberikan materi membuat kerajinan Seni Himmeli. Lebih lanjut, para peserta juga diajak membuat Seni Himmeli menggunakan sedotan, tali, manik-manik, serta tusuk gigi menjadi suatu benda kriya yang indah.

Tidak hanya itu, pagelaran yang bertajuk Vision del Future ini menyuguhkan instalasi-instalasi yang memikat mata para pengunjung. Beragam ornamen estetika berupa pencahayaan, proyektor, hingga dekorasi peraga dibuat khusus untuk menarik pandangan orang yang datang. “Dekorasi ini memang dirancang agar pengunjung betah saat berkeliling,” ujarnya.

Gambar Mahasiswa Baru ITS 2024 saat di Mandrakanta 2024

Para mahasiswa baru Departemen Desain interior ITS 2024 saat melihat-lihat karya gambar perspektif ruangan

Pameran ini berhasil menarik perhatian dan antusiasme para mahasiswa baru (maba) Departemen Desain Interior ITS 2024, karena menyajikan berbagai kegiatan menarik dan informasi yang relevan untuk menunjang studi mereka. Mandrakanta 2024 telah menciptakan pengalaman pameran yang berkesan dan penuh inspirasi bagi para pengunjung yang datang.

Melalui karya-karya yang ditampilkan, Hanun berharap para pengunjung dapat terhibur dan memiliki pemahaman tambahan mengenai keilmuan di desain interior. Dengan adanya kegiatan ini, ia juga berharap masyarakat dapat memahami ranah akademik dalam rumpun desain. “Kami juga ingin menunjukan jika desain interior tidak hanya soal menggambar,” tutup mahasiswi asal Ponorogo tersebut. (*)

 

Reporter: Muhammad Rizky Putra Wahyuana
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait