ITS News

Rabu, 07 Agustus 2024
06 Agustus 2024, 16:08

IPITS 2024 Gelorakan Semangat Perkuliahan Bagi Maba ITS

Oleh : itsbar | | Source : ITS Online
Foto sambutan Rektor ITS

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD saat menyampaikan materi pengenalan ITS

Kampus ITS, ITS News — Memantapkan kesiapan mahasiswa baru (maba), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 2024. Pada acara yang berlangsung selama dua hari mulai Selasa (6/8) ini, ITS membekali mahasiswa mengenai pengetahuan kampus dan seluk beluk yang melingkupinya. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IPITS 2024 kembali diselenggarakan untuk memberikan berbagai materi esensial. Di antaranya adalah pengenalan ITS, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), fasilitas dan norma kampus, internasionalisasi, hingga Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

Mengawali acara, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD membakar semangat para maba lewat materi pengenalan ITS. Pada kesempatan tersebut, BP memantik mahasiswanya dengan menawarkan selembar uang sembari tersenyum cerah. “Jika kalian mau, silakan maju dan ambil. Begitulah perumpamaan kalian dalam bergerak mengejar mimpi dan cita-cita,” ucapnya berpesan.

Pesan tersebut berhasil merenggut atensi para maba untuk terjun semakin dalam mengenal Ibu yang Luhur lebih dalam. Lantas, BP melanjutkan bahwa ITS merupakan wadah yang tepat bagi para penerus bangsa untuk menimba ilmu dan mengembangkan kemampuan. “ITS terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dari segi pendidikan, fasilitas, hingga prestasi,” ujarnya.

Foto sesi tanya-jawab saat IPITS

Mahasiswa baru (maba) ITS saat sesi tanya-jawab pada IPITS

Terdiri dari delapan fakultas, satu sekolah interdisiplin, 39 departemen, dan 101 program studi, ITS bersinergi memaksimalkan kemampuan para mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja. Hal ini dibuktikan oleh prestasi ITS meraih Juara 1 Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Liga PTN-BH. “Kami berupaya mendorong mahasiswa memperoleh pekerjaan dengan upah layak, melanjutkan studi, dan menjadi wirausaha,” terangnya.

Tidak hanya itu, BP menegaskan bahwa ITS turut berkontribusi mengeskalasikan potensi mahasiswa di kancah internasional. Hal ini dilakukan melalui berbagai program internasionalisasi yang disediakan. Dengan demikian, mahasiswa ITS dapat semakin bergelora meraih pendidikan terbaik dari berbagai universitas ternama.

Foto mahasiswa baru saat IPITS

Suasana Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS), Selasa (6/8) di Graha ITS

Lebih lanjut, ia juga mendorong para maba mengeksplorasi berbagai bidang pengembangan di ITS, seperti organisasi mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). “Kalian bisa mendapatkan berbagai kemampuan luar biasa lain lewat kegiatan-kegiatan tersebut,” tambahnya.

Semua manifestasi dan dorongan yang disampaikan ini menjadi sebuah harapan dan doa bagi para bibit muda Kampus Pahlawan. Ia berujar, maba ITS 2024 dapat terus bangga dan menorehkan berbagai prestasi baik bagi ITS maupun diri mereka sendiri. “Sejatinya, cita-cita dan mimpi akan terwujud kepada mereka yang bergerak dan mempersiapkan diri,” tegasnya optimis.

Terakhir, acara tersebut akan dilanjutkan Rabu (7/8), dengan membahas mengenai materi internasionalisasi hingga dana abadi pada lingkup ITS. Rektor ITS tersebut berpesan agar para maba terus menjaga semangat dan motivasi mereka untuk mengenal ITS dengan lebih baik lagi. (*)

Reporter: Hibar Buana Puspa
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait