ITS News

Sabtu, 17 Agustus 2024
17 Agustus 2024, 21:08

Peringati Hari Kemerdekaan, ITS Berkomitmen Tingkatkan Kontribusi Bagi Indonesia

Oleh : itsnab | | Source : ITS Online
Civitas Akademika yang dengan khidmat mengikuti rangkaian upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79

Sivitas Akademika yang dengan khidmat mengikuti rangkaian upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79

Kampus ITS, ITS News — Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar upacara bendera yang khidmat diikuti oleh seluruh sivitas akademika. Pada momen bersejarah ini, ITS kembali menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan untuk hadirkan kebermanfaatan bagi Indonesia.

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng, selaku pembina upacara, menyampaikan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim BA MBA yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara. Dalam amanatnya, Nadiem  menggarisbawahi pentingnya semangat gotong royong dalam memperjuangkan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. 

Nadiem juga mengingatkan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hasil dari perjuangan kolektif yang dilakukan dengan penuh tekad dan kerja sama, seraya menekankan bahwa gerakan Merdeka Belajar juga harus dijalankan dengan semangat yang sama. Hal ini semakin diperkuat dengan lahirnya hal-hal positif dari program yang telah bergulir selama lima tahun terakhir

Mendikbudristek pada Kabinet Indonesia Maju ini juga memaparkan salah satu pencapaian penting, yakni berupa implementasi Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum nasional yang memberikan ruang bagi para pelajar untuk mengeksplorasi minat dan potensinya. Selain itu, program Kampus Merdeka telah memberikan peluang karir yang lebih baik bagi jutaan lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng ketika menyampaikan sambutannya dalam Upacara Kemerdekaan, Sabtu (17/8)

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng ketika menyampaikan sambutannya dalam Upacara Kemerdekaan, Sabtu (17/8)

Pada kesempatan yang sama, Bambang juga menyampaikan bahwa sebanyak 6.485 mahasiswa sarjana dan 1.462 mahasiswa pascasarjana telah resmi menjadi bagian dari ITS di tahun ini. Seiring dengan jumlah yang menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, Bambang menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan agar ITS terus dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi bangsa dan negara.

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng (kiri) bersama penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD IPU AEng bersama penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya

Alumnus Departemen Teknik Mesin ITS ini juga mengumumkan sejumlah program yang akan direalisasikan dalam waktu dekat. Di antaranya yakni program renovasi toilet untuk mencapai kategori 3T (Terbersih, Terlengkap, Terpantau), perluasan jaringan internet dengan konsep seamless connectivity, serta pengembangan fasilitas safety riding dan jogging track. “Program-program ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup seluruh warga ITS,” pungkasnya. 

Acara upacara ini juga disertai dengan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada tiga dosen yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam tugas mereka. Penghargaan tersebut diberikan kepada Dr Eng I Gusti Ngurah Sumanta Buana ST MEng untuk pengabdian selama 30 tahun, Indah Miselia AMD SST untuk 20 tahun, dan Dr Eng Septia Hardy Sujiatanti ST MT untuk 10 tahun. (*)


Reporter: Nabila Rahadatul Aisy Koestriyaningrum

Redaktur: Ricardo Hokky Wibisono

Berita Terkait