ITS News

Minggu, 01 September 2024
20 Agustus 2024, 11:08

Gelegar UKM Expo ITS 2024 Dorong Minat Maba

Oleh : itsqil | | Source : ITS Online
Penampilan marching band ITS sebagai pembuka acara UKM Expo 2024

Penampilan marching band ITS sebagai pembuka acara UKM Expo 2024

Kampus ITS, ITS News – Gelaran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo 2024 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih dihelat. Sebanyak 41 stan UKM ITS yang dikelola oleh mahasiswa siap menyambut sekitar 5.500 mahasiswa baru (maba) dengan penuh semangat guna mendorong minat mereka dalam kegiatan non akademik yang berlokasi di Lapangan Taman Alumni ITS, Senin (19/8).

Tepat pukul 15.00, lautan para maba ITS 2024 bergegas menghampiri Taman Alumni ITS. Meski mendapati antrian yang panjang, perasaan bahagia nan penasaran mereka (maba, red) berhasil tergambar dengan jelas di muka mereka. Melihat antusiasme mereka ketika memasuki wahana stan UKM, pemandu acara UKM Expo menyambut mereka dengan hangat sekaligus memanggil nama-nama UKM yang ada untuk menghidupi suasananya.

Menyambut para maba dengan penuh antusiasme, seluruh 41 UKM yang hadir saling berlomba-lomba untuk menggaet perhatian mereka. Mulai dari sesi interaktif dengan penjaga stan, games yang tak kalah seru-seru berhadiah, hingga demonstrasi alat dan karya-karyanya. Keunikan-keunikan dan kompetisi sehat yang dimiliki oleh seluruh stan UKM terlukiskan dengan indah, menunjukkan sisi ITS yang berbeda-beda namun harmonis.

Anggota UKM Kendo ITS saat melakukan demonstrasi latihan olahraga Kendo

Anggota UKM Kendo ITS saat melakukan demonstrasi latihan bela diri Kendo

Pada hari kedua ini, antusiasme maba pada tertuju di UKM Kendo dan Technopreneurship Development Center (TDC) ITS. Pada stan UKM Kendo, salah satu anggota UKM Kendo Muhammad Hasan Aqilah mempersilakan maba untuk datang dan bertanya-tanya tentang Kendo. Bahkan, ia memberikan demonstransi singkat penggunaan Shinai, salah satu pedang terkemuka di dunia Kendo. “Sejak kemarin, banyak mahasiswa yang mendaftar dan mencoba berlatih di UKM kami,” tuturnya.

Tidak hanya minat dalam bela diri saja, banyak pula maba yang ingin belajar bisnis dan meningkatkan jiwa entrepreneurship melalui UKM TDC ITS. Menurut Direktur Utama UKM TDC Isaura Qinthara Heriswan, stan TDC kali ini mengundang bisnis start-up milik mahasiswa bertajuk Raih Asa. “Raih Asa merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengenalkan maupun melakukan bimbingan mengenai beasiswa yang terkenal di Indonesia,” bebernya.

Penampilan ITS Jazz saat membawakan berbagai lagu pada gelaran UKM Expo 2024

Penampilan ITS Jazz saat membawakan berbagai lagu pada gelaran UKM Expo 2024

Tidak hanya kegiatan saling mengenal antar UKM dengan maba, hari kedua UKM Expo kali ini mendatangkan ITS Jazz untuk memperindah suasana dengan lagu-lagu yang dibawa. Tembakan beragam spektrum warna menghiasi langit malam, diiringi juga oleh lagu pertama mereka yakni Lenggang Puspita milik Afghan. Lantunan suara yang indah dari kedua vokalis ITS Jazz Lintang Betari dan Yedija Christian berhasil menyihir para maba untuk berhenti sejenak dan menikmati suasana.

Suasana indah tersebut berlangsung hingga lagu terakhir yang dipersembahkan oleh ITS Jazz yakni Senja Teduh Pelita milik Maliq & D’essentials. Tanpa berlama-lama, para maba dan penghuni UKM Expo lainnya ikut bernyanyi dengan wajah sumringah. Berada di penghujung penampilannya, kedua vokalis tersebut sempat berhenti sejenak untuk memberi pesan kepada para maba. “Selamat datang di Kampus Pahlawan dan semoga sukses mencari minat bakat kalian,” tukas mereka berbahagia. (*)

 

Reporter: Hani Aqilah Safitri
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait