ITS News

Selasa, 20 Agustus 2024
20 Agustus 2024, 23:08

Teken MoU, ITS Gandeng Zoho Corporation Dukung Digitalisasi Bisnis

Oleh : itsrea | | Source : ITS Online
penyerahan cinderamata its dengan zoho

(Dari kiri) Kepala Departemen MB ITS Dr oec HSG Syarifa Hanoum ST MT, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, Country Lead Zoho Indonesia Handito Aji Saroso, dan Wakil Dekan FDKBD ITS Muhammad Saiful Hakim SE MM PhD saat penyerahan cinderamata pada penandatanganan MoU Departemen Manajemen Bisnis ITS dengan Zoho

Kampus ITS, ITS News – Dukung perkembangan digitalisasi bisnis di Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerja sama Zoho Corporation melalui penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU), Senin (19/8). Langkah ini menjadi bukti konkret ITS dalam mendukung proses digitalisasi bisnis di Indonesia.

Country Lead Zoho Indonesia Handito Aji Saroso mengungkapkan bahwa pada era industri 4.0 ini, digitalisasi bisnis tak dapat dihindari. Perkembangan teknologi yang semakin masif mengharuskan pelaku bisnis maupun sivitas akademika untuk beradaptasi dengan fitur-fitur aplikasi yang semakin canggih. “Disitulah peran kami (Zoho Corporation, red) sebagai jembatan antara pelaku bisnis dalam memahami teknologi mutakhir yang ada,” bebernya.

Melalui penandatanganan MoU ini, Departemen Manajemen Bisnis (MB) ITS dengan Zoho Corporation menjembatani pelatihan teknologi bagi mahasiswa, dosen, hingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan ITS. “Kami berharap perjanjian ini dapat memberikan kebermanfaatan luas bagi semua pihak yang terlibat,” harapnya.

Lebih rincinya, MoU tersebut menaungi tiga program yakni Seminar dan Pelatihan UMKM Naik Kelas, Pelatihan Pembuatan Aplikasi Tanpa Coding bagi mahasiswa, dan Training of Trainers (ToT) untuk dosen Departemen MB ITS. “Dalam waktu dekat, program ToT untuk dosen Departemen MB ITS akan dilaksanakan seminggu setelah MoU ditanda tangani,” tutur Handito.

sambutan bu Eva pada MoU

Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS Dr oec HSG Syarifa Hanoum ST MT saat memberikan sambutan kepada pihak Zoho Corporation

Menanggapi program-program kerja yang diusulkan oleh Zoho Corporation, Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD turut menyambut hangat jalinan kerja sama ini. Ia juga bependapat bahwa teknologi sudah tak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. “Sebagai kampus teknologi, ITS sangat mendukung pelatihan digitalisasi di bidang bisnis utamanya bagi para mahasiswa,” ungkapnya.

Menutup rangkaian acara, Bambang berharap kerja sama ini dapat mendukung proses perkembangan digitalisasi bisnis di Indonesia. Tidak hanya itu, ia juga berharap MB ITS dengan Zoho Corporation dapat berkolaborasi untuk mengembangkan Program Studi Bisnis Digital ITS lebih jauh. “Departemen MB ITS harus bersinergi dengan Zoho Corporation untuk menyiapkan lulusan yang unggul teknologi dan siap terjun ke dunia kerja,” tukasnya dengan tegas. (*)

 

Reporter: Andra Eka Wijayanti
Redaktur: Bima Surya Samudra

Berita Terkait