ITS News

Kamis, 29 Agustus 2024
29 Agustus 2024, 12:08

Dosen Arsitektur ITS Berkarya Lewat Lantunan Musik

Oleh : itsbar | | Source : ITS Online
Foto Prof Ir Ing Bambang Soemardiono

Dosen ITS yang juga musisi, Prof Ir Ing Bambang Soemardiono

Kampus ITS, ITS News — Musik merupakan media untuk bersuara, berkreasi, dan memanusiakan manusia. Prinsip ini dipegang oleh dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ing Ir Bambang Soemardiono yang menemukan makna hidup melalui alunan musik miliknya.

Dosen Departemen Arsitektur ITS itu bercerita, kali pertamanya terjun ke dalam dunia musik bermula ketika ia menorehkan penanya untuk menulis lirik lagu. Berawal dari ingin membantu teman, imbuhnya, pengalaman tersebut menjadi cikal-bakal Bambang berkreasi lewat simfoni. 

Melanjutkan kisah, titik balik Bambang sebagai musisi terjadi ketika ia menapakkan kaki di Jerman, 1988. Saat itu, dirinya sedang melakukan perjalanan sebagai dosen muda. Rekan kerjanya di sana berkelakar dan mengelukan dirinya andal menyanyi. “Sejak saat itu, saya kerap diminta bernyanyi di berbagai kegiatan, perayaan, bahkan acara gereja di Jerman,” ucap Guru Besar Departemen Arsitektur ITS tersebut.

Bak merestui perjalanan Bambang dalam bermusik, takdir mempertemukannya kembali dengan kawan lama, Yuril Ayunir, pada 2003. Sahabat SMA yang kini menjelma sebagai produser musiknya dan menjadi insan yang menemani perjalanan Bambang. “Saat bertemu kembali, terbesit ide untuk merekam dan menggubah lagu,” kisahnya.

Akhirnya, dua sahabat karib itu mulai beranjak ke dunia komersial pada 2018. Usai merilis berbagai aransemen lagu, mereka mulai memproduksi lagu orisinal. Karya pertama bertajuk Sampaikanku pada Ramadhan tercetus ketika laki-laki kelahiran Surabaya itu tengah mendengar Radio Suara Muslim Surabaya. “Ustaz yang berdakwah menyebutkan kalimat ‘sampaikanku pada Ramadan’. Wah, bagus sekali pikir saya untuk menjadi lirik lagu,” celetuknya.

Foto Prof Ir Ing Bambang Soemardiono dan rekan musisinya

Potret Prof Ir Ing Bambang Soemardiono bersama Almadoz Band saat Dies Nataies ITS 2013

Dari sesuatu yang sederhana, Bambang memaknai hal tersebut menjadi sebuah karya yang magis. Baginya, segala hal yang terjadi di dunia memiliki makna filosofis dan perlu dibersamai menjadi laungan harmoni merdu yang menenangkan. “Menulis lagu yang mudah didengar dan bermakna dalam menjadi prinsip saya dalam berkarya,” beber sang penyanyi.

Terus bereksplorasi, Bambang mulai menciptakan berbagai karya. Jerih payahnya itu terinspirasi dari keseharian, kisah cinta, bahkan nuansa alam Indonesia. Ia pun tak segan menjajal berbagai genre, menjadikan harmoni sebagai tempatnya berekspresi. Terhitung hingga sekarang, Bambang telah memproduksi sembilan lagu dan sudah tersedia di platform digital. “Alhamdulillah, beberapa lagunya menjadi karya terbaik Lomba Cipta Lagu Cinta Indonesia pada 2020 hingga 2022,” tukasnya.

Foto Prof Ir Ing Bambang Soemardiono ketika bermusik

Prof Ir Ing Bambang Soemardiono ketika tampil bermusik di Sky Bar, Hotel Max One, 2023

Mengulas karya terbaru, Satu Cintaku, lelaki itu bercerita filosofi dibaliknya. Ia berkisah, manusia seringkali melupakan orang terdekat yang terus membersamai di sisi. Dalam kisah Bambang, pasangan hidup menjadi sosok dibalik gubahan lagu romansa yang sarat dengan melodi lembut nan magis tersebut. 

Lagu kesembilan yang bernuansa orkestra itu menyerukan perasaan cinta dan syukur terhadap seseorang. Liriknya yang sarat akan rasa rindu menggambarkan bagaimana mencintai artinya menerima dan menghargai yang berada di sisi dengan sepenuh hati. “Lagu ini menjadi bentuk apresiasi terbesar untuk orang terkasih,” ungkapnya.

Melalui karya-karyanya, Bambang berharap dapat terus menjadikan musik sebagai media baginya untuk bercerita. Bahwasanya musik adalah laungan suara hati yang dapat dijiwai sesama manusia dari ke hati. “Semoga lagu kesepuluh saya dapat segera rampung dan melahirkan album bertajuk Live, Love, and Indonesia,” tandasnya optimistis. (*)



Reporter: Hibar Buana Puspa
Redaktur: Nurul Lathifah

 

Berita Terkait