ITS News

Kamis, 29 Agustus 2024
29 Agustus 2024, 20:08

Usai Revitalisasi, Galeri Investasi ITS Hadir Kembali

Oleh : itssil | | Source : ITS Online
gambar peresmian Galeri Investasi ITS

Peresmian Galeri Investasi ITS usai dilakukannya revitalisasi sebagai tonggak semangat baru dalam investasi

Kampus ITS, ITS News – Realisasikan semangat generasi muda dalam berinvestasi, Departemen Manajemen Bisnis (MB)Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmikan kembali Galeri Investasi ITS setelah terevitalisasi. Peresmian ini turut menghadirkan kuliah perdana bersama FAC Sekuritas mengenai literasi keuangan investasi bagi mahasiswa, Senin (24/8).

Dewasa ini, Generasi Milenial hingga Generasi Z memiliki literasi keuangan yang tinggi dan minat investasi yang besar. Akan tetapi, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semangat membara dua generasi ini masih menjerumuskan mereka ke dalam investasi bodong. Risiko tersebut dapat ditekan jika mereka memiliki wadah untuk bekal pengetahuan investasi yang kuat. 

Guru Besar Ekonomi dan Bisnis, Prof Amir Mahmood menyambut antusias atas peresmian Galeri Investasi ITS. Pasalnya, dalam lanskap keuangan yang cepat dan terus berkembang, kemampuan untuk menavigasi pasar saham secara efektif sangat penting. “Pasar saham bukan sekadar tempat jual beli saham, lebih dari itu merupakan ekosistem kompleks antara pengetahuan, strategi, dan inovasi,” terang profesor Western Sydney University tersebut.

Pemotongan pita

Kepala Departemen MB ITS Dr oec HSG Syarifa Hanoum ST M (tengah) saat pemotongan pita bersama Prof Amir Mahmood (kiri) serta Dekan FDKBD Ellya Zulaikha ST MSn PhD (kanan)

Kehadiran Galeri Investasi ITS dinilai dapat menaungi investor, pendidik, dan pelajar untuk mengubah kompleksitas investasi menjadi keuntungan. Amir mengungkapkan, adanya revitalisasi merupakan tonggak untuk memperbaharui komitmen dan dedikasi pendidikan investasi. “Galeri Investasi ITS menjadi ruang berpikir antara pengetahuan teoritis dengan penerapan praktis sehingga memberikan keterampilan dan wawasan unggul di pasar keuangan,” terang Amir.

Peresmian ini juga diiringi dengan kuliah tamu bertajuk Revitalizing ITS Investment Galery: Navigating The Stock Market Landscape in 2024. Selaras dengan tujuan Galeri Investasi ITS, MB ITS membuka tahun ajaran baru dengan membekali anak didiknya pengetahuan berinvestasi. Kuliah tamu digelar dengan bahasan analisis teknikal, analisis fundamental, serta cara membuka dan mengoperasikan aplikasi sekuritas oleh FAC Sekuritas.

Dosen pembina Galeri Investasi ITS Geodita Woro Bramanti ST MEng Sc membeberkan bahwa Galeri Investasi ITS terbuka untuk umum khususnya sivitas akademika ITS. Syaratnya, cukup membuat janji temu dengan pendamping galeri di hari kerja melalui akun media sosial. “Kami mendorong minat investasi sivitas akademika ITS hingga melayani pembukaan akun sekuritas di MB ITS,” tegas dosen konsentrasi keuangan tersebut. 

gambar peresmian Galeri Investasi ITS

Mahasiswa MB ITS melakukan presentasi analisis saham sebagai pemanfaatan Galeri Investasi ITS

Berbagai program telah dirancang untuk meningkatkan literasi dan edukasi keuangan sivitas akademika ITS dalam investasi pasar modal. Di antaranya Investment Class, Investment Discussion, dan konten siniar yang dapat ditelisik di akun instagram improve.mb. Tak hanya itu, melalui kerja sama dengan FAC Sekuritas, sivitas akademika ITS juga dapat mempermudah melakukan jual beli saham.

Adanya gebrakan baru ini, Geodita berharap revitalisasi Galeri Investasi ITS dapat mendorong semangat investasi. Untuk itu, ia mengajak sivitas akademika ITS untuk memanfaatkan sumber daya dan pengetahuan yang tersedia melalui fasilitas tersebut. “Galeri Investasi ITS ini terbuka untuk mengembangkan pengetahuan investasi, untuk itu mari kita tumbuhkan antusias dalam literasi keuangan terutama investasi,” tutup alumnus Teknik Sistem dan Industri ITS tersebut. (*)

Reporter: Silvita Pramadani
Redaktur: Regy Zaid Zakaria

Berita Terkait