ITS News

Minggu, 01 September 2024
31 Agustus 2024, 21:08

Bantu Pengojek Online, ITS Gelar Servis Sepeda Motor Gratis

Oleh : itsdhii | | Source : ITS Online

Ketua tim KKN Abmas, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA IPU AEng saat menyampaikan sambutan pada kegiatan servis sepeda motor gratis

Kampus ITS, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berkomitmen untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki guna menebar kebermanfaatan bagi masyarakat. Kali ini, tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN Abmas) gelar servis sepeda motor gratis bagi pengojek online, Sabtu (31/8).

Ketua tim KKN Abmas Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA IPU AEng menyampaikan, sepeda motor selayaknya tulang punggung bagi para pengojek dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Pentingnya menjaga kondisi sepeda motor agar tetap prima sangat disadari oleh para pengojek, tetapi keterbatasan finansial kerap menjadi hambatan bagi mereka untuk melakukan servis secara berkala.

Oleh karena itu, tim KKN Abmas dari Departemen Teknik Mesin (DTM) ITS ini menyediakan jasa servis gratis untuk membantu para pengojek dalam merawat kondisi sumber mata pencahariannya. Agenda  ini memberikan beberapa jasa servis seperti ganti busi dan oli. “Kami melayani penyetelan beberapa part motor, seperti rantai, rem, dan lainnya,” imbuh lelaki yang akrab disapa Yogi itu.

gambar mahasiswa melakukan servisSalah seorang anggota LBMM ITS saat sedang melakukan servis terhadap sepeda motor pengojek

Ia menuturkan, dengan menggandeng Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin (LBMM) ITS, kegiatan ini menargetkan sebanyak 75 sepeda motor yang di servis. Namun, Yogi bersama tim tidak membatasi sepeda motor yang berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan di Parkiran DTM ITS ini. Adapun syarat yang untuk melakukan servis ini cukup dengan mendaftar dengan mengisi data jenis motor sebelum pelaksanaan.

Selain membantu para pengojek dalam merawat kendaraannya, program ini juga sekaligus menjadi sarana bagi mahasiswa DTM untuk mempraktikkan ilmunya di kelas. Menurutnya, kegiatan ini juga melatih kemampuan mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan. “Kegiatan ini menjadi sarana dalam menumbuhkan empati terhadap kondisi di lingkungan sekitar mereka,” imbuh dosen Laboratorium Mekanika dan Mesin-Mesin Fluida itu.

Di akhir, dosen Laboratorium Mekanika dan Mesin-Mesin Fluida ITS ini menyampaikan, agenda ini merupakan bentuk kehadiran DTM ITS dalam membantu masyarakat. Dirinya berharap agar kegiatan ini mampu membantu kelancaran para pengojek dalam mencari nafkah. “Semoga melalui servis gratis ini mampu menjaga performa sepeda motor dari para pengojek,” pungkasnya berharap. (*)

 

Reporter: Muhammad Fadhil Alfaruqi
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait