ITS News

Rabu, 04 September 2024
04 September 2024, 05:09

Unjuk Karya Mahasiswa Teknik Elektro ITS Lewat Capstone Expo 2024

Oleh : itsrif | | Source : ITS Online
Foto Pengunjung melakukan demosntrasi langsung pada alat Automatic Pet Feeder

Pengunjung (paling kiri) saat melakukan demonstrasi langsung pada alat Automatic Pet Feeder pada hall lantai 1 Tower 2 ITS

Kampus ITS, ITS News — Terus gaungkan semangat inovasi, Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) gelar unjuk karya mahasiswa dalam Capstone Expo 2024. Ekshibisi yang dihelat di Tower 2 ITS ini menampilkan 43 karya mahasiswa dari berbagai cabang ilmu yang ada di Departemen Teknik Elektro ITS kepada khalayak umum, Senin (2/9).

Wakil Dekan Fakultas Teknik Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS Dr Diana Purwitasari SKom MSc menyampaikan apresiasinya kepada seluruh mahasiswa angkatan 2021 Departemen Teknik Elektro yang telah menyelesaikan dan memamerkan hasil kerjanya di mata kuliah Capstone Design. ”Proyek yang telah dikerjakan ini harapannya dapat memberi gambaran untuk angkatan yang lebih muda terkait mata kuliah ini sehingga mereka tertarik untuk memulai riset,” tambah Diana.

Mengungkap lebih jauh, Ketua Pelaksana Capstone Expo 2024 Harits Shidqi Fadhil menjelaskan bahwa inovasi yang digagas berfokus pada pemanfaatan dan transformasi energi dalam bidang elektronika. Terdapat sebanyak 165 mahasiswa terbagi dalam enam kelas dengan tema yang berbeda. “Salah satunya ada tema yang sering kita dengar, yakni pengaplikasian Internet of Things untuk keperluan rumah tangga atau produk smart home,” terang Harits.

Di samping itu, topik proyek yang dapat diambil yakni Wireless Power Transfer, Water Pumping, Liquid Level Control, dan Power Monitoring. Pengunjung memiliki kebebasan untuk bertanya terkait teknologi yang ditampilkan, baik dari proses penarikan ide, metode yang digunakan, hingga teknis pembuatan alat. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba demo langsung alat yang tersedia untuk melihat fungsinya.

Foto Mahasiswa kelompok F1 Departemen Teknik Elektro menjelaskan inovasinya tentang sistem monitoring PLTS

Mahasiswa kelompok F1 Departemen Teknik Elektro menjelaskan inovasinya tentang sistem monitoring PLTS

Tak kalah menarik, pameran karya mahasiswa ini juga memberikan penghargaan kepada kelompok proyek melalui beragam kategori yang dipilih oleh pengunjung. Kelompok F1 berhasil menyabet penghargaan di kategori Best Group dengan memamerkan inovasi yang bertajuk Kontrol dan Monitoring Switching Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Menggunakan IoT Secara Real Time Berbasis Aplikasi Blynk Legacy.

Salah satu anggota kelompok F1, Isna Rizky Alviansyah menjelaskan ide riset ini bermula ketika ia dan rekan-rekannya menemukan bahwa sistem monitoring yang ada pada panel surya belum optimal. Padahal, implementasi yang baik dari PLTS dapat membantu manusia dalam pemenuhan sumber energi ramah lingkungan. “Dengan melakukan monitoring, kita dapat menilai kinerja dan mendeteksi gangguan secara real time lewat aplikasi,” jelas mahasiswa yang akrab disapa Alvian itu.

Di akhir, Alvian berharap kegiatan ini dapat memberi motivasi kepada mahasiswa lain untuk meneruskan kebiasaan baik dalam berinovasi. Proses ini akan melatih kemampuan berpikir kritis dan kreativitas mahasiswa dalam memecahkan masalah sehari-hari. “Sebagai mahasiswa Departemen Teknik Elektro, kita harus bisa menciptakan alat yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Alvian. (*)

 

Reporter: A. Rifda Yuni Artika
Redaktur: Nurul Lathifah

Berita Terkait