ITS News

Minggu, 29 September 2024
29 September 2024, 17:09

ITS Fasilitasi Pengguna Kursi Roda di Momentum Perayaan Wisuda

Oleh : itsdan | | Source : ITS Online
Muhammad Noer Yusuf Joko Samodro bersama anggota keluarganya setelah prosesi Wisuda ke-130 ITS

Muhammad Noer Yusuf Joko Samodro didampingi keluarganya setelah prosesi Wisuda ke-130 ITS

Kampus ITS, ITS News Adanya keterbatasan fisik pasca kecelakaan mengharuskan Muhammad Noer Yusuf Joko Samodro menggunakan kursi roda dalam menghadiri momentum Wisuda ke-130 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Dibalik suasana haru ini, ITS turut memberikan fasilitas untuk pengguna kursi roda agar dapat mengikuti kegiatan peneguhan gelar pada Sabtu (28/9). 

Akrab disapa Noer, lulusan Departemen Teknik Infrastruktur Sipil (DTIS) ITS ini mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera kepala akut. Hal tersebut menurunkan kemampuan motoriknya sehingga harus menggunakan kursi roda sejak Agustus lalu. Meskipun dalam masa pemulihan, akan tetapi ia tetap hadir untuk memberikan kebanggaan kepada orang tua, keluarga, dan orang terdekatnya.

Kepala DTIS, Fakultas Vokasi (FV) ITS Mohamad Khoiri ST MT PhD mengatakan, wisuda kali ini turut menyediakan ramp atau jalur landai khusus di area wisuda. Hal itu untuk memudahkan wisudawan dalam mengikuti rangkaian acara termasuk prosesi foto bersama dengan dekan FV dan rektor ITS. “Kami sangat mendukung dengan membuatkan jalur untuk pengguna kursi roda, khusus untuk wisuda hari ini,” ungkapnya.

Gambar wisudawan menggunakan kursi roda pada prosesi wisuda

Muhammad Noer Yusuf Joko Samodro, wisudawan sarjana terapan Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS  menghadiri prosesi Wisuda ke-130 ITS menggunakan kursi roda

Terlepas dari momentum wisuda, ITS telah mendukung seluruh mahasiswanya bagaimana pun kondisi fisiknya. Hal ini sebagai bukti atas komitmen ITS dalam menyikapi perbedaan. “Selama mahasiswa tersebut mampu dan memenuhi kriteria dasar sebagai mahasiswa ITS akan selalu mendukung keberlanjutan akademik mahasiswa tersebut,” tambah dosen DTIS tersebut.

Melalui tindakan ini, ITS tidak hanya menunjukkan kepeduliannya terhadap mahasiswa, tetapi juga menimplementasikan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) tentang mengurangi ketimpangan. Kampus ITS membuktikan bahwa setiap individu, terlepas dari kondisi fisiknya, berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih prestasinya di ITS. (*)

 

Reporter: Syahidan Nur Habibie Ash-Shidieq
Redaktur: Rayinda Santriana U S

Berita Terkait